Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2020, 18:47 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman anggrek atau bunga anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak yang memiliki nama ilmiah Orchidaceae.

Tanaman satu ini tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

Tanaman anggrek sendiri sudah begitu dikenal dan menjadi salah satu tanaman hias yang banyak digemari orang-orang untuk dikoleksi di rumahnya.

Baca juga: Obat Sakit Kepala Bisa Bikin Anggrek Subur dan Rajin Berbunga

Bagi kamu yang sedang menanam dan merawat anggrek, kamu bisa tumbuh dan berbunga dengan menyuburkan akar tanaman anggrekmu menggunakan ampas teh untuk salah satu pupuk alami.

Dikutip dari beberapa sumber, Kamis, (3/12/2020), salah satu indikator bahwa tanaman anggrek tumbuh dengan baik dan juga subur adalah dari akar yang bagus dan juga banyak.

Ketika akarnya banyak, tanaman anggrek akan mendapat unsur hara yang banyak, karena tugas akar adalah mencari makanan dari media tanaman atau dari udara.

Akar anggrek akan menangkap unsur hara yang disalurkan ke seluruh tubuhnya, sehingga nanti daun bunga anggrek pun juga otomatis akan banyak.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Melati Putih

Mengapa ampas teh bisa membuat akar anggrek subur?

Ampas teh bekas ini baik digunakan sebagai pupuk anggrek karena banyak mengandung unsur makro maupun mikro yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, seperti magnesium, mangan, seng, vitamin B1, dan B2.

Daun teh mengandung asam amino seperti alanin, fenilalanin, valin, leusin dan isoleusin yang banyak berpengaruh dalam proses pertumbuhan tanaman.

Selain itu, kandungan dari teh adalah vitamin B kompleks yang bisa mencapai 10 kali lipat dari sereal dan sayuran, serta mengandung karbon organik tembaga 20 persen, magnesium, dan kalsium 13 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com