Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2021, 09:56 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sebagian besar dari kamu setuju kalau kucing adalah hewan peliharaan yang malas, karena kegemaran mereka untuk tidur lama.

Kucing tampaknya menghabiskan sebagian besar hidup mereka untuk tidur, baik meringkuk di pangkuan pemiliknya atau bersembunyi di tempat terpencil favorit mereka.

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa mereka tidur 2 kali lebih banyak daripada manusia. Rata-rata kucing menghabiskan sekitar 15 jam per hari untuk tidur, tetapi untuk kucing yang sangat lelah, ini bisa dengan mudah mencapai 24 jam.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Kucing yang Alami Obesitas

Dengan begitu banyak waktu yang dihabiskan untuk istirahat, masuk akal untuk berasumsi bahwa mereka bisa bermimpi seperti manusia. Tapi apakah itu benar?

Teruslah membaca untuk mengetahui apakah kucing memang bermimpi dan apa artinya saat kucingmu mengejang dalam tidurnya, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (12/1/2021).

Kapan mimpi terjadi?

Bagi manusia, mimpi terjadi selama kondisi tidur REM (Rapid Eye Movement) alias tidur bermimpi, yang biasanya dimulai 90 menit setelah kamu tertidur.

Selama waktu ini, sinyal dikirim ke otak seseorang yang penting untuk pembelajaran dan memori, tetapi beberapa sinyal ini acak, dan sinyal inilah yang bertanggung jawab untuk mimpi.

Baca juga: Kucing Muntah Air? Kenali Penyebab dan Penanganannya

Ketika otakmu mencoba menafsirkan sinyal-sinyal ini dan menyatukannya, itu menghasilkan otakmu menciptakan semacam cerita, dengan kata lain, itu menciptakan mimpi.

Apakah kucing bermimpi?

Ya, diyakini bahwa kucing bisa bermimpi, menurut Michel Jouvet, seorang ahli saraf dan juga peneliti mimpi pada 1960-an. Jouvet mengatakan bahwa kucing juga mengalami tidur REM sehingga sangat mungkin mereka memasuki alam mimpi dengan cara yang sama seperti manusia.

Jouvet membuktikan bahwa kucing memiliki aktivitas listrik tegangan rendah yang serupa di otak, cenderung menggerakkan mata dan memiliki kondisi otot yang rileks, yang merupakan karakteristik yang terkait dengan tidur REM pada manusia.

Jika ini tidak sepenuhnya menjawab pertanyaan apakah kucing bermimpi, bukti dengan jelas menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di otak mereka selama tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com