Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2021, 09:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kucing dengan keadaan badan yang gemuk memang menggemaskan.

Namun, sebenarnya kucing dengan berat badan sehat atau normal akan lebih bahagia, gesit, dan cenderung hidup lebih lama.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (12/1/2021), obesitas pada kucung umumnya dianggap 20 persen atau lebih di atas berat badan normal. Dan dengan kondisi seperti ini termasuk dalam gangguan nutrisi.

Baca juga: Kucing Muntah Air? Kenali Penyebab dan Penanganannya

Biasanya, kucing rumahan yang memiliki kasus obesitas terbanyak. Obesitas dapat berakibat pada penurunan kualitas hidup.

Kucing yang kelebihan berat badan cenderung kurang berinteraksi secara fisik dengan kucing lainnya, kurang suka bermain, lebih lesu, dan kurang energik. Selain itu, kucing yang mengalami obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius.

Penyebab kucing obesitas

Sama halnya dengan manusia, ada berbagai penyebab dan faktor obesitas pada kucing, dan tidak selalu sesederhana dalam memberi makan berlebihan.

Penting untuk mengidentifikasi apakah ada penyebab medis potensial yang mendasari obesitas sebelum memulai program penurunan berat badan.

Baca juga: Kucing Juga Bisa Menderita Diabetes, Ini Gejala dan Penanganannya

Beberapa penyebab umum obesitas pada kucing dapat disebabkan oleh makan berlebih, genetika, kurang olahraga, kebiasaan makan yang tidak sehat, hipotiroidisme, diabetes, stres, dan rasa sakit.

Berat badan secara berlebih pada kucing ini harus segera diatasi sebelum menimbulkan penyakit yang berkelanjutan, dengan berbagai cara sebagai berikut. 

1. Identifikasi kondisi medis

Aspek terpenting dalam penurunan badan adalah menidentifikasi kondisi medis yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan kucing Anda. Ketika sudah mengetahui penyebabnya, bawa kucing ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Jika tidak ada penyebab yang mendasari kenaikan berat badan kucing Anda, dokter hewan biasanya akan merekomendasikan penurunan berat badan yang disarankan secara keseluruhan untuk dilakukan secara bertahap.

Dalam kasus ekstrim, mereka mungkin merekomendasikan resep diet penurunan berat badan khusus. Penimbangan rutin di klinik mereka untuk memantau kemajuan juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com