Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2021, 13:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tidak terlalu terlihat penting, lampu yang menyala di dalam kulkas ketika membukanya dapat membantu saat ingin mengambil atau meletakkan bahan makanan di dalamnya.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (23/1/2021), bola lampu yang menyala adalah bola lampu biasa yang memiliki daya 120 volt. Listrik soket disediakan oleh internal di lemari es. Ini mirip dengan bola lampu pijar lainnya.

Walaupun ukurannya lebih kecil, seringkali bola lampu disediakan dengan daya 25 atau 40 watt.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kulkas Mini

Bola lampu dioperasikan dengan tuas kecil atau sakelar tombol yang dipasang di pintu lemari es. Ketika tertekan oleh pintu yang menutupnya, sakelar akan memutus sirkuit dan mematikan bola lampu; ketika pintu terbuka, sakelar menyelesaikan sirkuit dan menyebabkan lampu menyala.

Ketika lampu tersebut tidak bekerja, mengartikan ada masalah yang harus diperbaiki. Untuk mengatasinya bisa semudah menggantu bola lampu atau mungkin melibatkan mengganti sakelar pintu itu sendiri.

Periksa bola lampu

Jika lampu lemari es Anda tidak menyala, mungkin bohlam telah mencapai akhir masa pakainya dan telah terbakar. Periksa bohlam untuk melihat apakah ada area gelap di bohlam atau ada filamen yang putus dan lepas.

Saat Anda menggoyangkan bohlam, Anda mungkin mendengar bunyi berderak jika filamen di dalamnya rusak. Anda dapat membeli bohlam khusus untuk peralatan rumah tangga, biasanya 25 atau 40 watt.

 

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Barang di Atas Kulkas? Ini Penjelasannya

Cabut steker lemari es Anda, ganti bohlam, dan kemungkinan ini akan menyelesaikan masalah ini.

Saat Anda melepas bohlam, lihat sekilas soket yang kosong. Jika soket rusak atau kotor, Anda mungkin telah menemukan sumber masalah lain.

Seringkali pembersihan cepat dengan kain hangat dan lembab dapat membersihkan kontak dan memungkinkan lampu menyala. Namun, pastikan Anda mencabut lemari es sebelum menyentuh soket bola lampu.

Periksa daya

Anehnya, sering kali, gangguan listrik sederhana yang menyebabkan lampu berhenti bekerja. Masalah yang dapat menyebabkan ini antara lain:

Kabel daya dicabut: Mulailah dengan memastikan kabel daya untuk lemari es dicolokkan sepenuhnya ke stopkontak. Selalu ada kemungkinan bahwa Anda mungkin secara tidak sengaja menjatuhkan steker yang tidak sejajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com