Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Lantai Kamar Mandi yang Antilicin dan Tahan Lama

Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan gaya hidup saat memilih lantai kamar mandi untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. 

Anda tidak perlu khawatir tentang paparan air karena kamar mandi memang menjadi area basah dan rentan terhadap kelembapan. Pilihan lantai yang salah akan merusaknya karena risiko infiltrasi air.

Meski gaya pribadi memainkan peran penting saat menentukan lantai kamar mandi, sebaiknya hal itu tidak menjadi prioritas. 

Dikutip dari Rhythm of the Home, Rabu (24/5/2023), berikut lantai kamar mandi yang antilicin dan tahan lama berdasarkan daya tahan, daya tarik, anggaran, dan gaya hidup.

Pilih lantai vinil lembaran yang hampir tidak memerlukan perawatan daripada ubin. Hal ini juga meminimalkan kemungkinan air masuk ke bawah permukaan lantai.

Lantai vinil punya daya tahan sangat baik. Jika ingin memperkenalkan desain lebih menarik, lantai vinil sangat cocok berkat banyaknya variasi yang tersedia.

Anda bisa membuat pernyataan di kamar mandi dengan lantai vinil berwarna-warni atau bermotif.  

Ubin keramik

Lantai ubin keramik adalah pilihan sangat populer yang disukai karena tampilannya bersih dan tradisional. Selain itu, ubin keramik juga menjadi lantai kamar mandi yang antilicin dan tahan lama. 

Ubin keramik tidak mengecewakan dalam hal daya tahan berkat ketahanan terhadap noda dan kemampuan tahan airnya yang andal.

Namun, ubin keramik terasa dingin di bawah kaki. Pilih jenis ubin keramik yang menawarkan ketahanan slip yang baik untuk menghindari kecelakaan di kamar mandi.

Dalam hal perawatan, lantai keramik adalah pilihan yang solid. Satu-satunya masalah yang mungkin harus dihadapi secara teratur adalah membersihkan noda nat di antara ubin.

Namun, ubin keramik sanga fleksibilitas warna dan teksturnya. Ada banyak pilihan ukuran dan bentuk ubin keramik, dari persegi, heksagonal, mosaik, atau desain nat berwarna. 

Lantai keramik tidak bisa dibilang murah, tapi kabar baiknya Anda tidak akan menyesal menggunakannya. Jenis lantai ini dibuat untuk bertahan selama bertahun-tahun dan akan meningkatkan nilai jual kembali rumah. 

Batu alam menawarkan kedap air yang kuat sehingga menjadi pilihan tahan lama. Ada sedikit perawatan yang diperlukan, tetapi sisi baiknya adalah lantai batu alam memiliki umur panjang.

Pola alaminya dapat dengan mudah mengubah kamar mandi menjadi sebuah oasis yang mewah.

Marmer biasanya lebih menonjol dibanding pilihan lainnya karena keindahan dan kecanggihannya. Anda bisa membeli bahan lantai ini dalam bentuk lempengan atau hanya ubin. 

Pilihan batu alam populer lainnya adalah travertine. Ini adalah batu yang mengkristal dengan umur panjang luar biasa berkat inovasi modern, yang membuatnya tidak mudah terkena noda.

Lantai kamar mandi ini menawarkan pesona spa Turki dan memberikan nuansa dunia lama pada area mana pun. Pilih batu alam bertekstur alami guna meminimalkan risiko kecelakaan terpeleset. 

Lantai linoleum

Sering disalahartikan sebagai vinil, linoleum sebenarnya adalah bahan yang sama sekali berbeda meski keduanya memiliki tampilan mirip.

Lantai linoleum dapat menjadi pilihan baik untuk kamar mandi mana pun karena harganya  terjangkau, perawatan mudah, dan tahan air.

Dibanding batu alam atau ubin keramik, linoleum terasa hangat di bawah kaki dan memiliki ketahanan alami terhadap jamur dan lumut. Selain itu, menjadi lantai kamar mandi yang antilicin dan tahan lama. 

Namun, tidak semua jenis linoleum dapat digunakan untuk lantai kamar mandi. Penting  melakukan riset dan memeriksa instruksi dari pabrik pembuatnya dengan teliti sebelum memasang produk linoleum sebagai lantai kamar mandi.

Namun, linoleum tidak sepenuhnya tahan air. Tanpa pemasangan benar, Anda mungkin akan mengalami masalah penetrasi air.

Inilah sebabnya lantai linoleum paling baik dipasang seorang profesional yang berhati-hati dalam menyegel semua lapisan ubin dan lembaran.

Jika Anda adalah orang yang peduli lingkungan, memilih lantai linoleum adalah pilihan  tepat. Bahan ini hanya menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui dan dapat terurai secara alami sehingga tidak akan mencemari lingkungan setelah dibuang.

Dengan perawatan rutin, lantai linoleum dapat bertahan lebih dari 30 tahun. Lantai kamar mandi linoleum juga cukup tahan lama dan tidak mudah tergores. 

Meski terlihat mirip dengan ubin keramik klasik, porselen dianggap lebih unggul dan cocok untuk lantai kamar mandi.

Namun, ubin porselen sulit udipotong secara manual, jadi Anda harus menyerahkan proses pemasangannya kepada seorang profesional.

Banyak orang menghargai lantai keramik porselen karena estetika yang luar biasa. Kamar mandi modern dan tradisional akan terlihat luar biasa jika menggunakan lantai porselen. 

Ada cukup banyak pilihan warna dan sentuhan akhir yang dapat dipilih saat berbelanja ubin porselen. Harga ubin porselen tidak terlalu mahal sehingga lebih hemat daripada batu alam atau bahan lainnya.

Namun, ubin porselen menyerap sedikit air dan sangat licin di lingkungan basah seperti kamar mandi. Artinya, lantai kamar mandi ini sedikit lebih berisiko untuk kecelakaan terpeleset dan jatuh. Artinya, porselen menjadi lantai kamar mandi yang antilicin dan tahan lama. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/24/163700176/5-lantai-kamar-mandi-yang-antilicin-dan-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke