Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Selalu Menang, Kenapa Pilpres Rusia Masih Penting?

Kompas.com - 18/03/2024, 17:32 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia sedang melakukan proses pemilihan presiden selama tiga hari, yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Maret. Banyak yang meyakini Vladimir Putin akan menjadi presiden untuk kelima kalinya.

Mengapa Kremlin bersusah payah menyelenggarakan pemilu dan apa yang kita ketahui tentang popularitas Presiden Putin yang sebenarnya?

Vladimir Putin telah secara efektif memimpin Rusia sejak tahun 2000. Awalnya, dia ditunjuk sebagai presiden sementara oleh pendahulunya Presiden Boris Yeltsin. Dia kemudian memenangi pemilu pertamanya pada bulan Maret 2000.

Baca juga: Putin Selalu Menang, Apa Fungsi Pemilu di Rusia?

Antara 2008 dan 2012, dia beralih jabatan menjadi perdana menteri, tetapi tetap memegang kendali penuh.

Pada saat itu, konstitusi Rusia hanya mengizinkan seorang presiden untuk menjabat dua periode berturut-turut, tetapi langkah ini memungkinkan dia untuk mengatur ulang kekuasaannya dan mencalonkan diri lagi.

Pada 2020, konstitusi diubah, dan Presiden Putin diperkirakan akan tetap berkuasa hingga tahun 2036.

Pada saat itu, dia akan menjadi penguasa Rusia yang paling lama berkuasa, mengalahkan pemimpin Komunis Joseph Stalin dan Catherine yang Agung, yang masing-masing berkuasa selama lebih dari 30 tahun.

Mengapa pemilu ini penting bagi Rusia?

Pemilu di Rusia jarang menjadi peristiwa yang menegangkan, tetapi cara ini penting dilakukan untuk melegitimasi mereka yang berkuasa dan menunjukkan bahwa pendapat masyarakat penting.

Pemilu kali ini sangat penting bagi Vladimir Putin. Tak hanya untuk menunjukkan dirinya menang, tetapi juga melihat tingginya jumlah pemilih di tempat pemungutan suara.

Selain itu, pesta demokrasi ini juga untuk melihat seberapa besar proporsi dukungan di tengah keterlibatan negara itu dalam perang dengan Ukraina yang memiliki konsekuensi jangka panjang bagi Rusia dan dunia yang lebih luas.

Bagi pejabat negara, pemilu akan menjadi ujian atas kemampuan mereka dalam mengumpulkan sumber daya administratif dan memberikan keuntungan pemilu bagi presiden.

Outlet berita independen Rusia Meduza melaporkan bahwa Kremlin berharap mencapai jumlah pemilih setidaknya 70 persen, dengan sekitar 80 persen suara untuk Vladimir Putin.

Jumlah ini akan melampaui elektabilitas Putin dalam pemilu sebelumnya, yakni sebesar 76,7 persen pada 2018.

Vladimir Putin mengoperasikan simulator penerbangan saat berkunjung ke fasilitas militer bulan ini?perang di Ukraina selalu hadir dalam kehidupan di Rusia,AFP via BBC INDONESIA Vladimir Putin mengoperasikan simulator penerbangan saat berkunjung ke fasilitas militer bulan ini?perang di Ukraina selalu hadir dalam kehidupan di Rusia,
Penelitian yang dilakukan BBC menemukan bahwa untuk mencapai hasil tersebut, pihak berwenang akan memobilisasi pegawai sektor negara—mereka yang bekerja untuk otoritas pusat dan daerah, serta perusahaan milik negara—yang akan sangat terdorong untuk mengambil bagian dalam pemilu dan memberikan dukungan presiden saat ini.

Sekitar 112,3 juta warga Rusia akan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu kali ini.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com