Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin: Ukraina Tingkatkan Serangan untuk Ganggu Pilpres Rusia

Kompas.com - 13/03/2024, 14:44 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (13/3/2024) mengatakan, peningkatan serangan Ukraina adalah untuk mengganggu pemilihan presiden atau pilpres Rusia yang akan datang.

Rusia pekan ini mengalami beberapa serangan paling signifikan di wilayahnya sejak menginvasi Ukraina lebih dari dua tahun lalu.

Beberapa kilang minyak terkena gelombang serangan drone. Pada Selasa (12/3/2024), sekelompok relawan pro-Kyiv yang terdiri dari orang-orang Rusia penentang Kremlin menerobos wilayah perbatasan Kursk dan Belgorod, tetapi dapat digagalkan.

Baca juga: Presiden Zelensky Klaim Hentikan Kemajuan Rusia di Ukraina

Dalam kutipan wawancara yang diterbitkan pada Rabu, Putin saat ditanya tentang serangan-serangan itu menjawab, "Sederhana saja. Ini semua terjadi dengan latar belakang kegagalan di lini depan."

"Mereka tidak mencapai satu pun tujuan yang ditetapkan sendiri tahun lalu," lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga:

“Saya yakin tujuan utamanya adalah, jika tidak mengganggu pemilihan presiden di Rusia, maka mengganggu proses normalnya,” demikian pernyataan Putin yang dikutip kantor berita RIA Novosti dan stasiun tv Rossia 1.

Pilpres Rusia akan digelar pada 15-17 Maret 2024. Putin, yang telah memerintah negara itu sejak pergantian abad, diprediksi akan kembali mengamankan masa jabatan enam tahun berikutnya.

Baca juga: Putin Resmi Daftar Pilpres Rusia 2024 Jalur Independen, Siapa Penantangnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com