Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Larang Umrah Lebih dari Sekali Selama Ramadhan 2024

Kompas.com - 18/03/2024, 16:21 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JEDDAH, KOMPAS.com - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengumumkan, bahwa jemaah tidak diperbolehkan untuk mengulang ibadah umrah selama bulan suci Ramadhan 2024 ini.

Peraturan ini dibuat dengan tujuan mengurangi kepadatan jemaah yang ingin melaksanakan ibadah tersebut selama bulan Ramadan, yang merupakan puncak musim umrah tahun ini.

"Izin untuk melakukan dua atau lebih ibadah umrah tidak akan dikeluarkan selama bulan suci. Langkah ini untuk mengurangi kepadatan dan memberikan kesempatan kepada semua jemaah untuk melakukan umrah dengan mudah dan nyaman selama bulan suci," kata Kementerian itu dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir Saudi Gazette pada Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Masjidil Haram Mekkah Diguyur Hujan Lebat, KJRI Jeddah: Masih Bisa untuk Umrah

Di bawah sistem aplikasi Nusuk, jika seorang jemaah ingin mengajukan izin untuk umrah untuk kedua kalinya selama bulan Ramadhan, sebuah pesan "Penerbitan izin gagal" akan muncul.

Kementerian menyampaikan, memang ada banyak manfaat menunaikan umrah selama Ramadhan. Namun, calon jemaah diminta untuk memahami kebijakan ini.

Sambil menekankan pentingnya mendapatkan izin yang dikeluarkan dari aplikasi Nusuk untuk melakukan umrah oleh para jemaah, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menggarisbawahi pentingnya kepatuhan mereka terhadap slot waktu yang dialokasikan untuk melakukan ritual.

Tidak ada pilihan pada aplikasi Nusuk untuk mengubah waktu pengajuan umrah, tetapi jemaah dapat menghapus pengajuan mereka melalui aplikasi jauh sebelum waktunya tiba.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi kemudian dapat mengeluarkan izin baru sesuai dengan ketersediaan.

Baca juga: KJRI Jeddah: Penelantaran Jemaah Umrah oleh PT Naila Terjadi Beberapa Kali

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com