Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Kontroversi UU Kewarganegaraan Baru India | Kian Banyak Dokter Mogok di Korsel

Kompas.com - 13/03/2024, 04:12 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com - Berita soal Kementerian Dalam Negeri India mulai memberlakukan undang-undang kewarganegaraan yang menurut para kritikus mendiskriminasi umat Islam memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada artikel tentang kekhawatiran jumlah dokter yang ikut aksi mogok kerja di Korea Selatan semakin bertambah.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni memuat hrapan penduduk Hiroshima pada film pemenang Oscar "Oppenheimer".

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Pesan Ramadhan Raja Salman | Foto Kate Middleton Ditarik

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Selasa (12/3/2024) hingga Rabu (13/3/2024) pagi yang dapat Anda simak:

1. UU Kewarganegaraan Baru India Dinilai Mendiskriminasi Agama Tertentu

Kementerian Dalam Negeri India mengatakan pihaknya memberlakukan undang-undang kewarganegaraan yang menurut para kritikus mendiskriminasi umat Islam.

UU Kewarganegaraan diberlakukan hanya beberapa minggu sebelum negara dengan populasi terbesar di dunia itu mengadakan pemilihan umum.

Meskipun undang-undang tersebut disahkan pada Desember 2019, penerapannya tertunda setelah terjadinya protes yang meluas dan kekerasan mematikan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Baca selengkapnya di sini

2. Kian Banyak Dokter di Korea Selatan Mogok, Menkes Peringatkan Nyawa Pasien Terancam

Menteri Kesehatan Korea Selatan Cho Kyoo-hong pada Selasa (12/3/2024) memperingatkan adanya ancaman terhadap nyawa pasien setelah ada potensi jumlah dokter yang mogok kerja akan bertambah.

Sebelumnya, para profesor dari fakultas kedokteran di salah satu universitas ternama di Jepang telah menyatakan bahwa mereka akan mengundurkan diri secara massal minggu depan kecuali jika pemerintah menemukan "terobosan yang masuk akal" untuk mengakhiri kebuntuan.

Seperti diketahui, sudah ada hampir 12.000 dokter junior atau magang yang memutuskan untuk mogok kerja sebagai bentuk protes atas rencana pemerintah meningkatkan jumlah dokter secara drastis.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Pencipta Dragon Ball Meninggal | Netanyahu Akan Gempur Rafah

3. Harapan Penduduk Hiroshima pada Film Pemenang Oscar "Oppenheimer"

Berkilo-kilometer jauhnya dari Hollywood, warga di Hiroshima, Jepang, bereaksi atas kemenangan film terbaik Oscar "Oppenheimer".

Film laris ini menggambarkan perlombaan untuk mengembangkan bom atom yang menghancurkan kota mereka 78 tahun yang lalu.

Film biografi tentang fisikawan J Robert Oppenheimer ini meraih tujuh Piala Oscar di Academy Awards Minggu (10/3/2024) malam setelah meraup 954 juta dollar AS di seluruh dunia. 

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com