Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Seberapa Sukses Proyek Belt and Road Initiative China

Kompas.com - 07/12/2023, 15:53 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

BEIJING, KOMPAS.com - Beijing telah mengundang para pemimpin dunia menghadiri konferensi Belt and Road Forum, menandai peringatan sepuluh tahun Belt and Road Initiative (BRI), yang disebut-sebut sebagai "impian besar” Presiden Xi Jinping.

Para pemimpin dan perwakilan dari lebih negara berdatangan, termasuk termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada 2013, pemimpin China yang belum lama menjabat, Xi Jinping, memperkenalkan proyek ambisius "One Belt One Road", yang disebutnya sebagai inti dari "diplomasi negara besar" ini dan sekaligus merupakan "strategi penting untuk mewujudkan impian besar China”.

Baca juga: China Pinjamkan Rp 20.133 Triliun ke Negara Lain, Bagaimana Cara Menagihnya?

Sepuluh tahun kemudian, BRI telah memperluas jangkauannya ke Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika Latin, jauh melebihi Jalur Sutra kuno. BRI menjadi sebuah kerangka besar hubungan politik dan geoekonomi China di semua benua.

Namun belakangan, BRI juga menghadapi berbagai tantangan berat. Selain pandemi Covid dan perang di Ukraina yang membuat perkembangan ekonomi makin tidak pasti, di beberapa negara pinjaman infrastruktur berkontribusi terhadap tingkat utang yang tidak berkelanjutan dan menciptakan ketergantungan politik yang besar.

Belt and Road Initiative (BRI) adalah impian besar Xi Jinping.AP PHOTO/MARK SCHIEFELBEIN via DW INDONESIA Belt and Road Initiative (BRI) adalah impian besar Xi Jinping.
Ada kisah sukses

Menurut data resmi China, pada Juni 2023 negara itu menandatangani lebih dari 200 perjanjian kerja sama Belt and Road dengan 152 negara dan 32 organisasi internasional.

BRI telah melampaui volume 1 triliun dollar AS (Rp 15,5 kuadriliun) dalam partisipasi kumulatif sejak didirikan pada 2013, menurut Green Finance and Development Center di Universitas Fudan.

Chien-fu Chen, Direktur Eksekutif Pusat Penelitian BRI di Universitas Tamkang di Taiwan, kepada DW mengatakan, bagi pemerintahan Xi Jinping, mencapai "Impian China" melalui BRI bukan hanya tentang memperoleh kekuatan nyata, melainkan juga tentang keseimbangan kekuatan melawan Barat. Dari perspektif ini, ia yakin BRI "sebagian besar berhasil.”

"BRI kini telah menjangkau Afrika, Amerika Tengah, dan bahkan Asia Tenggara. BRI juga telah meluas ke kepulauan Pasifik Selatan."

"BRI terus berkembang seiring dengan situasi internasional dan hubungan persahabatan China, dan telah bertransformasi dari pembangunan infrastruktur tahap awal hingga pengendalian energi dan telah menjadi pos militer strategis yang penting. China berharap bisa mendorong pengaruh diplomatik, militer, dan politiknya," kata Chien-fu Chen.

Bulan Oktober lalu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Indonesia resmi dioperasikan. Proyek andalan ini dibangun oleh perusahaan patungan badan usaha milik negara China dan Indonesia.

Kereta api ini merupakan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara, dan merupakan proyek kereta api berkecepatan tinggi pertama di luar negeri bagi China. Beijing menyediakan sebagian pendanaannya melalui pinjaman.

Baca juga: Bunga Utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung 3,4 Persen, RI Kena Jebakan Utang China?

Kereta Cepat Jakarta-Bandung buatan China.XINHUA/XU QIN via DW INDONESIA Kereta Cepat Jakarta-Bandung buatan China.
Banyak juga kegagalan

Namun, hal ini bukan berarti BRI tidak menghadapi kemunduran. Dalam dekade terakhir, China telah menjadi kreditor terbesar bagi banyak negara berkembang.

Negara-negara Barat mengkritik hal ini sebagai "diplomasi perangkap utang” melalui BRI.

Salah satu contoh paling umum adalah Sri Lanka, yang menyatakan kebangkrutan pada tahun 2022. China adalah kreditor terbesar Sri Lanka, menyumbang sekitar 52 persen dari total utangnya, sekitar 7,3 miliar dollar AS (Rp 113,44 triliun).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com