Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pemilu Polandia, Partai Berkuasa Tersingkir

Kompas.com - 18/10/2023, 07:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Penulis: VOA Indonesia

WARSAWA, KOMPAS.com - Partai konservatif nasionalis yang berkuasa di Polandia telah kehilangan mayoritasnya di parlemen setelah delapan tahun berkuasa.

Hasil penghitungan resmi pemilu Polandia yang diumumkan pada Selasa (17/10/2023) menunjukkan partai Hukum dan Keadilan meraih 35 persen suara.

Sementara, partai liberal Koalisi Sipil meraih 30,7 persen suara, diikuti oleh partai berhaluan tengah Third Way dengan 14,4 persen, dan Kiri Baru 8,6 persen.

Baca juga: Hasil Pemilu Polandia, Partai-partai Oposisi Menang

Perolehan tersebut membuat ketiga partai itu total mengumpulkan 53,7 persen suara dan dengan demikian meraih mayoritas di Sejm, majelis rendah parlemen yang beranggotakan 460 orang.

Ketiga partai itu mencalonkan diri secara terpisah tetapi mengusung janji yang sama yakni niat menyingkirkan partai Hukum dan Keadilan serta memulihkan hubungan baik dengan Uni Eropa.

Para pemimpin ketiga partai itu telah berjanji untuk menyatukan kekuatan dan membentuk pemerintah koalisi.

Donald Tusk, pemimpin Koalisi Sipil dan mantan perdana menteri Polandia, kemungkinan besar akan dipilih oleh koalisi itu untuk kembali menjabat.

Partai Hukum dan Keadilan telah memiliki cengkeraman yang kuat di banyak lembaga Polandia selama menjabat, termasuk di lembaga peradilan dan badan penyiaran umum yang dikelola pemerintah, yang diduga digunakan oleh partai itu untuk menjelek-jelekkan lawan politik dan meningkatkan citra mereka.

Partai ini masih berpeluang untuk tetap berkuasa.

Baca juga: Pemilu Polandia: Partai Oposisi Donald Tusk Ungguli Petahana

Presiden Polandia Andrzej Duda, sekutu Hukum dan Keadilan, akan memberi partai itu kesempatan untuk membentuk pemerintahan karena meraih suara terbanyak.

Tetapi partai berhaluan kanan Konfederasi hanya meraih tujuh persen suara, tidak cukup untuk membentuk koalisi yang berkuasa dengan partai Hukum dan Keadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com