Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Yevgeny Prigozhin Akan Jadi Bos Wagner Berikutnya

Kompas.com - 04/10/2023, 17:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Telegraph

MOSKWA, KOMPAS.com - Putra Yevgeny Prigozhin yang berusia 25 tahun akan menggantikan ayahnya dan menjadi bos grup Wagner berikutnya.

Pavel Prigozhin, nama putra Yevgeny, tampaknya akan mewarisi sebagian besar kekayaan ayahnya, termasuk kelompok tentara bayaran, properti, dan sekitar 100 juta poundsterling.

Dilansir dari Telegraph, ini menurut sebuah foto yang diposting di media sosial yang tampaknya merupakan surat wasiat Prigozhin.

Baca juga: Hina Pria Beratribut Wagner, Warga Belarusia Dipaksa Minta Maaf di Depan Kamera

Dia sekarang sedang bernegosiasi dengan Garda Nasional Rusia, Rosgvardia, untuk mengajak organisasi tentara bayaran itu bergabung kembali dalam pertempuran di Ukraina, kata Institute for the Study of War.

Sebuah laporan di Rusia menulis sebuah saluran Telegram terkemuka yang berafiliasi dengan Wagner mengumumkan pada tanggal 1 Oktober bahwa putra Yevgeny Prigozhin yang berusia 25 tahun, Pavel Prigozhin, telah mengambil alih komando Grup Wagner.

Pavel Prigozhin juga sedang bernegosiasi dengan Rosgvardia untuk membuat Grup Wagner bergabung kembali dengan operasi tempur di Ukraina.

Pernah menjadi pengusaha katering yang bersahabat dengan Vladimir Putin, Yevgeny Prigozhin yang diberi julukan "koki Putin", mengumpulkan kekayaan yang sangat besar sebelum kemudian mendirikan Wagner Group yang bersekutu dengan Kremlin dan mendukung perang Rusia di Ukraina.

Namun, pada Agustus lalu, dua bulan setelah pria berusia 62 tahun ini memimpin milisi pribadinya dalam pemberontakan yang gagal terhadap kepemimpinan militer negaranya, ia tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat di luar Moskwa.

Penyebab kecelakaan itu masih belum diketahui.

Kini, sebuah dokumen yang dibagikan di saluran Telegram, yang belum diverifikasi secara independen, menunjukkan bahwa Prigozhin memiliki surat wasiat yang diaktakan pada 2 Maret lalu.

Baca juga: Situasi Serba Bingung Wagner Pascatewasnya Prigozhin

Dia mewariskan sebagian besar warisannya kepada putranya.

Menurut The Times, surat wasiat itu berbunyi: "Semua harta benda saya ... serta harta benda yang mungkin akan saya dapatkan di masa depan saya wariskan kepada Pavel Evgenyevich Prigozhin."

Baca juga: Inggris Segera Nyatakan Wagner sebagai Organisasi Teroris

Selain Grup Wagner, Pavel akan mewarisi sekitar 100 juta poundsterling, sebuah rumah tiga lantai di St Peterburg, sembilan perusahaan saham gabungan dan saham di Concord, serta kerajaan katering, menurut dokumen tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com