Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Segera Nyatakan Wagner sebagai Organisasi Teroris

Kompas.com - 06/09/2023, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group, akan dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh pemerintah Inggris, kata kementerian dalam negeri Inggris pada Rabu (6/9/2023).

Menjadi anggota atau mendukung kelompok tersebut merupakan tindakan ilegal.

Sebuah rancangan undang-undang yang akan diajukan ke parlemen akan memungkinkan aset-aset Wagner dikategorikan sebagai properti teroris dan disita, kata kementerian.

Baca juga: Seberapa Stabilkah Rusia Setelah Pemberontakan Grup Wagner?

Dilansir dari Reuters, Menteri Dalam Negeri Inggris Suella Braverman menggambarkan kelompok Wagner punya sikap yang mengacu pada kekerasan dan destruktif.

Dia menambahkan bahwa kelompok ini bertindak sebagai alat militer Vladimir Putin di luar negeri.

Di seluruh Ukraina, Timur Tengah dan Afrika, Wagner telah terlibat dalam penjarahan, penyiksaan dan pembunuhan biadab, kata pernyataan itu, dan menyebutnya sebagai ancaman bagi keamanan global.

"Mereka adalah teroris, jelas dan sederhana m dan perintah pelarangan ini membuat hal itu jelas dalam hukum Inggris," katanya.

Perintah tersebut diperkirakan akan mulai berlaku pada 13 September, dan setelah itu akan menjadi tindak pidana untuk menjadi anggota atau mempromosikan kelompok tersebut, mengatur atau menghadiri pertemuan dan membawa logonya di depan umum, yang dapat dihukum hingga 14 tahun penjara.

David Lammy, kepala kebijakan luar negeri Partai Buruh yang beroposisi, mengatakan bahwa langkah tersebut sudah lama tertunda.

"Sekarang pemerintah harus mendesak Pengadilan Khusus untuk mengadili Putin atas kejahatan agresinya," katanya di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-551 Serangan Rusia ke Ukraina: Isu Korupsi Seragam Tempur di Ukraina | Belarus Diminta Usir Pejuang Wagner

Kelompok tentara bayaran Wagner telah beroperasi di Suriah, Libya, dan sejumlah negara di Afrika utara dan barat.

Kelompok ini merekrut ribuan narapidana dari penjara-penjara Rusia untuk bertempur di Ukraina, menyediakan pasukan penyerang utama untuk serangan musim dingin Rusia pada 2022-2023 di sana.

Pada Juni tahun ini, kelompok ini melancarkan pemberontakan singkat di Rusia, yang dikecam sebagai pengkhianatan oleh Presiden Vladimir Putin, dan pada 23 Agustus, bosnya Yevgeny Prigozhin dan para petingginya tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat.

Inggris memberikan sanksi kepada Prigozhin pada tahun 2020, Grup Wagner secara keseluruhan pada bulan Maret 2022.

Pada bulan Juli tahun ini memberikan sanksi kepada individu dan bisnis yang memiliki hubungan dengan kelompok tersebut di Republik Afrika Tengah, Mali dan Sudan.

Baca juga: Putin Perintahkan Pasukan Wagner Tandatangani Sumpah Setia

Anggota parlemen di Komite Urusan Luar Negeri parlemen pada bulan Juli mendesak sanksi yang lebih bertarget pada apa yang mereka katakan sebagai jaringan entitas di bawah Grup Wagner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com