Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kudeta Niger Bisa Terjadi?

Kompas.com - 30/07/2023, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber BBC

NIAMEY, KOMPAS.com - Presiden Niger yang terpilih secara demokratis, Mohamed Bazoum, telah digulingkan oleh orang-orang yang seharusnya melindungi dan menegakkan kantornya, yakni para pengawal presiden yang berjaga di luar istananya.

Presiden Bazoum adalah pemimpin terpilih pertama yang menggantikan pemimpin lainnya di Niger sejak kemerdekaan pada tahun 1960.

Saat ini para penculiknya telah menangguhkan konstitusi negara dan melantik Jenderal Abdourahmane Tchiani sebagai kepala negara.

Baca juga: Prigozhin Puji Kudeta Niger dan Tawarkan Jasa Wagner

Laporan BBC menyebut Niger adalah bagian penting dari wilayah Afrika yang dikenal sebagai Sahel, sabuk tanah yang membentang dari Samudra Atlantik hingga Laut Merah.

Daerah ini diganggu oleh para jihadis dan dikepung oleh rezim militer.

Negara-negara Barat memandang Niger sebagai benteng melawan kekacauan lebih lanjut dan menyebarkan pengaruh Rusia di wilayah tersebut. Tapi itu ternyata berumur pendek.

Mengapa Niger penting?

Sebagai negara terbesar di Afrika Barat, Niger adalah negara yang memimpin dalam banyak hal.

Secara politis, itu telah dilihat sebagai contoh stabilitas demokrasi relatif dalam beberapa tahun terakhir, sementara tetangganya Mali dan Burkina Faso telah menyerah pada kudeta militer.

Baca juga: Respons Kudeta Niger, Negara-negara Barat Hentikan Bantuan ke Sana

Secara strategis, Niger menampung pangkalan militer Perancis dan AS dan dipandang sebagai mitra utama dalam perang melawan pemberontak Islam.

Faktanya, departemen luar negeri AS menggambarkan Niger sebagai kunci stabilitas di Sahel dan mitra kontra-terorisme yang dapat diandalkan melawan berbagai kelompok Islam yang terkait dengan ISIS atau al-Qaeda.

Secara ekonomi, Niger kaya akan uranium, menghasilkan 7 persen dari semua pasokan global.

Logam radioaktif tampak begitu besar dalam perekonomian negara sehingga salah satu jalan raya termegah di ibu kota, Niamey, diberi nama Avenue de l'Uranium.

Namun, orang-orang Niger secara konsisten menempati peringkat standar hidup terendah di di dunia.

Baca juga: Pemimpin Tentara Bayaran Wagner Diduga Dukung Kudeta Niger

Mengapa kudeta terjadi?

Wilayah Sahel adalah bagian dunia yang bergolak dan tidak stabil dan demokrasi saat ini sedang mundur di sana.

Kelompok-kelompok Islam dengan kekerasan telah mendapatkan tempat dengan menguasai wilayah dan melakukan serangan di wilayah tiga perbatasan antara Mali, Niger dan Burkina Faso.

Para prajurit pemberontak di Niger menyebut situasi keamanan yang memburuk ini sebagai alasan pemberontakan mereka, meskipun Niger menangani pemberontakan jauh lebih baik daripada Mali dan Burkina Faso sebelum kudeta mereka sendiri.

Keresahan yang berkembang telah membuat beberapa orang percaya bahwa hanya tindakan keras militer yang dapat menyelesaikan masalah, oleh karena itu dukungan populer yang tampaknya dinikmati oleh kudeta di beberapa kalangan.

Baca juga: Pemimpin Tentara Bayaran Wagner Diduga Dukung Kudeta Niger

Namun, jauh dari kejelasan bahwa junta militer akan lebih sukses dalam menangani para pemberontak daripada pemerintah yang baru saja digulingkan.

Menambah ketidakstabilan di wilayah tersebut, perubahan iklim menyebabkan penggurunan menyebar ke selatan dari Sahara ke Sahel. Para ahli mengatakan suhu di Sahel meningkat lebih cepat daripada tempat lain di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com