Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Kota di Brasil Denda Neymar Rp 49,9 Miliar karena Bikin Danau di Dalam Rumah

Kompas.com - 04/07/2023, 19:18 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MANGARATIBA, KOMPAS.com - Dewan kota di Mangaratiba, Brasil, mendenda bintang sepak bola Neymar sebesar 16 juta reais (Rp 49,9 miliar), karena membangun danau di dalam rumahnya di Rio de Janeiro tanpa izin lingkungan.

Sebanyak empat denda dijatuhkan pada Senin (3/7/2023) atas pelanggaran lingkungan dalam pembangunan danau buatan di rumah sang pemain, kata sekretariat dewan, dikutip dari kantor berita AFP.

"Sanksi berjumlah lebih dari 16 juta reais," bunyi pernyataan tersebut. Denda ini ditetapkan oleh kantor kejaksaan Mangaratiba, kawasan wisata sekitar 130 kilometer dari Rio de Janeiro tempat penyerang Paris Saint-Germain itu tinggal.

Baca juga: Pele Meninggal, Tokoh Dunia Sampaikan Belasungkawa, Neymar: Dia Abadi

Pelanggaran-pelanggaran yang dimaksud mencakup pembangunan lingkungan tanpa izin, pembendungan dan pengalihan air sungai tanpa izin, serta pemindahan lahan dan penebangan vegetasi tanpa izin.

Neymar memiliki waktu 20 hari untuk mengajukan banding atas hukuman tersebut, yang awalnya ditetapkan sebesar 5 juta reais (15,5 miliar).

Pada 22 Juni 2023, setelah muncul pengaduan berdasarkan unggahan media sosial, otoritas setempat menemukan beberapa pelanggaran lingkungan di properti mewah Neymar seperti pembangunan danau dan pantai buatan

Baca juga:

Pihak berwenang kemudian menutup lokasi tersebut dan memerintahkan semua aktivitas dihentikan, tetapi media Brasil melaporkan Neymar masih mengadakan pesta di sana dan mandi di danau.

Adapun pihak pers Neymar di Brasil tidak menanggapi permintaan komentar dari AFP.

Neymar (31) saat ini sedang memulihkan diri dari operasi pergelangan kaki kanannya yang ia jalani di Doha pada Maret 2023.

Striker tersebut belum bermain sejak Februari 2023 dan muncul spekulasi tentang masa depannya di PSG.

Neymar membeli mansion di Mangaratiba pada 2016. Menurut media Brasil, mansion tersebut berdiri di atas tanah seluas 10.000 meter persegi dan dilengkapi landasan helikopter, spa, serta gym.

Baca juga: Vini Jr Disebut Jadi Nama UU di Brasil Setelah Kasus Rasisme di Spanyol

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com