Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Jack Teixeira, Tersangka Pembocoran Dokumen AS soal Perang Rusia-Ukraina

Kompas.com - 15/04/2023, 13:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jack Teixeira berasal dari keluarga dengan rekam jejak puluhan tahun di dinas militer, dan oleh teman-temannya digambarkan sebagai orang yang patriotik.

Ia memiliki izin keamanan rahasia di usia muda, dan terancam hukuman penjara bertahun-tahun jika terbukti membocorkan puluhan dokumen rahasia Amerika Serikat (AS).

Pria berusia 21 tahun dari kota kecil Dighton di Massachusetts ini mendaftar ke Garda Nasional Angkatan Udara AS pada September 2019.

Baca juga: FBI Tangkap Pembocor Dokumen Rahasia AS, Ini Identitasnya

Menurut dokumen pengadilan yang mengutip catatan pemerintah, Teixeira mencapai pangkat penerbang kelas satu--terendah ketiga untuk personel angkatan udara tamtama--pada Mei 2022.

Dia adalah spesialis komunikasi dan IT yang berbasis di Otis Air National Guard Base di Cape Cod, sekitar 110 kilometer selatan Boston.

Hingga Februari 2023, jabatan Teixeira adalah pekerja harian operasi pertahanan siber, kata seorang agen FBI dalam surat pengadilan yang dirilis pada Jumat (14/4/2023), dikutip dari kantor berita AFP.

Agen Khusus Patrick Lueckenhoff menambahkan, "Seperti yang dipersyaratkan untuk posisi ini, Teixeira memegang izin keamanan sangat rahasia yang diberikan pada tahun 2021."

Selain izin itu, Teixeira juga tetap memiliki akses khusus sensitif (SCI) ke program sangat rahasia lainnya sejak 2021, tambah Lueckenhoff.

SCI adalah informasi terbatas. Untuk mendapat akses, Teixeira harus setuju melindungi dengan baik informasi tersebut dengan tidak mengungkapkannya kepada orang-orang yang tidak memiliki akses istimewa.

Dia juga diminta tidak memindahkannya dari fasilitas penyimpanan resmi atau menahannya di lokasi yang tidak sah.

Tuntutan pidana menuduh bahwa Teixeira mulai mengunggah informasi rahasia dalam grup obrolan di platform internet Discord sekitar Desember 2022.

Grup itu sendiri bertujuan membahas urusan geopolitik, sejarah, dan perang saat ini.

Teixeira dituduh awalnya mengunggah paragraf teks dari dokumen sebelum mengunggah foto dokumen itu sendiri.

Baca juga: Penyelidikan The Washington Post: Pembocor Dokumen Rahasia AS Bekerja di Pangkalan Militer

Kepribadian Jack Teixeira

Pemerintah mengungkapkan, log komputer menunjukkan Teixeira mengakses dokumen tentang pergerakan pasukan dalam perang Rusia-Ukraina sehari sebelum diunggah ulang secara online.

Seorang temannya mengatakan kepada surat kabar Washington Post bahwa Teixeira tidak ingin menggerogoti keamanan nasional AS, hanya ingin mengajari anggota grup online yang lebih muda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com