Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Sebut Masih Pegang Bakhmut, Bantah Klaim Grup Wagner

Kompas.com - 03/04/2023, 14:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BAKHMUT, KOMPAS.com - Tentara Ukraina pada Minggu (2/4/2023) mengeklaim, mereka masih memegang kendali atas Kota Bakhmut di timur.

Sebelumnya, kelompok tentara bayaran Rusia yakni Grup Wagner mengeklaim telah merebut Bakhmut secara hukum dengan menduduki gedung pemerintahannya.

"Musuh tidak menghentikan serangannya ke Bakhmut. Namun, para pembela Ukraina dengan berani mempertahankan kota itu sambil menangkis banyak serangan musuh," kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina di laman Facebook-nya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Lancarkan Serangan Bertubi-tubi, Pasukan Rusia Tak Buat Kemajuan di Bakhmut dan Avdiivka

Ketua Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, di kanal Telegramnya pada Senin (3/4/2023) menuliskan, "Dalam pengertian hukum, Bakhmut sudah direbut. Musuh terkonsentrasi di wilayah barat."

Dalam video yang menyertai unggahan tersebut, Prigozhin terlihat memegang bendera Rusia bertuliskan penghormatan untuk blogger militer Rusia Vladlen Tatarsky yang tewas dalam serangan bom di kafe Kota Saint Petersburg pada Minggu (2/4/2023).

Baca juga:

Pertarungan di Bakhmut adalah pertempuran terpanjang Rusia di Ukraina.

Pasukan Rusia dan Ukraina banyak mengucurkan sumber daya dalam perang di Bakhmut, meskipun analis menyebut bahwa kota itu nilai strategisnya kecil.

Menurut Ukraina, pertempuran di kota industri Bakhmut adalah kunci untuk menahan pasukan Rusia di sepanjang garis depan timur.

Baca juga: Setelah Rebut Bakhmut, Prigozhin Ingin Ubah Grup Wagner Jadi Pasukan Berideologi di Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com