Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Langka Bangkai Titanic Dirilis, Tenggelam di Dasar Samudera Atlantik

Kompas.com - 16/02/2023, 15:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com – Sebuah video langka yang merekam bangkai kapal Titanic di dasar Samudera Atlantik baru-baru ini dirilis.

Sebagian besar video tersebut belum pernah dilihat oleh publik sebelumnya, sebagaimana dilansir Sky News, Kamis (16/2/2023).

Video langka kapal Titanic di dasar samudra tersebut diambil beberapa bulan setelah tim penjelajah menemukan bangkainya pada September 1985.

Baca juga: Titanic Versi Nazi, Film Propaganda Termahal Berujung Tragedi

Titanic adalah kapal legendaris yang karam pada 15 April 1912 setelah menabrak gunung es di Atlantik Utara saat berlayar dari Southampton, Inggris, ke New York, AS.

Lebih dari 1.500 orang tewas dalam tragedi tersebut.

Sky News melaporkan, video itu diambil pada Juli 1986 dalam 11 penyelaman oleh Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) dan Institut French National Institute of Oceanography.

Video bangkai kapal Titanic diambil dari kapal selam berawak dan kapal kecil yang dioperasikan dari jarak jauh yang mampu bermanuver melalui ruang sempit.

Baca juga: 25 Tahun Titanic, Ending Jack Tewas Terus Diteliti Secara Ilmiah

WHOI merilis video bangkai kapal Titanic yang tenggelam di dasar Samudera Atlantik berdurasi 80 menit di kanal YouTube-nya.

Salah satu orang yang menyaksikan langsung bangkai kapal Titanic di dasar samudra adalah Robert Ballard, seorang ahli oseanografi.

Ballard mengatakan, hal pertama yang dia lihat ketika menyelam 2,5 mil di bawah laut adalah pemandangan Titanic selayaknya dinding baja raksasa. Tidak ada yang kecil, semuanya berukuran besar.

Ballard menuturkan, tidak ada satu pun jenazah manusia yang tersisa di Titanic. Namun, dia melihat beberapa sepatu dan alas kaki, termasuk sepertinya milik ibu dan bayi.

“Setelah Titanic tenggelam, mereka yang naik ke permukaan air dan tidak memiliki jaket pelampung meninggal karena hipotermia,” ucap Ballard.

Baca juga: Mall di Meksiko Tiba-tiba Kebanjiran, Band Penghibur Malah Mainkan Theme Song Titanic

Salah satu insinyur WHOI, Andy Bowen, mengatakan bahwa tantangan terbesar mereka adalah lokasi karamnya kapal Titanic yang terpencil. Selain itu, suhu air di lokasi mendekati titik beku.

Perilisan video langka yang merekam bangkai kapal Titanic yang tenggelam di dasar Samudera Atlantik bertepatan dengan perilisan ulang film Titanic pada tahun ini.

Film Titanic disutradarai oleh James Cameron dan dirilis pertama kali pada 1997. Dibintangi oleh Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio, film tersebut menyabet 11 Academy Awards.

“Kisah manusia yang ada di dalam kapal besar itu terus bergema,” kata Cameron dalam sebuah pernyataan.

“Dengan merilis rekaman ini, WHOI membantu menceritakan bagian penting dari sebuah kisah yang menjangkau generasi dan lingkaran dunia,” sambung Cameron.

Baca juga: Proyek Mangkrak Freedom Ship: Diklaim Lebih Besar dari Titanic, Muat 100 Ribu Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com