Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tuding Rusia Bahayakan Kontrol Senjata Nuklir, Ini Alasannya

Kompas.com - 01/02/2023, 11:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.comAS menuding Rusia membahayakan perjanjian kontrol senjata nuklir New START karena Moskwa tak mengizinkan inspeksi di lapangan.

Hal tersebut disampaikan ke Kongres AS dan dirangkum dalam sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri AS, sebagaimana dilansir AP, Selasa (31/1/2023).

Sebelumnya, AS berharap bahwa kedua negara dapat mempertahankan perjanjian New START guna membatasi senjata nuklir strategis meski diliputi keraguan tinggi karena perang Rusia di Ukraina.

Baca juga: Hilang di Pedalaman, Kapsul Radioaktif Kecil Dicari Badan Nuklir Australia

Inspeksi lapangan AS dan Rusia di bawah perjanjian New START sebelumnya dihentikan untuk sementara waktu oleh kedua negara karena Covid-19 pada Maret 2020.

Perwakilan kedua negara sempat bertemu pada Oktober 2021. Namun, Rusia secara sepihak menangguhkan kerja sama dalam hal inspeksi pada Agustus 2022 untuk memprotes dukungan AS terhadap Ukraina.

“Penolakan Rusia untuk memfasilitasi kegiatan inspeksi mencegah AS menggunakan hak-hak penting berdasarkan perjanjian dan mengancam kelangsungan kendali senjata nuklir AS-Rusia,” kata Kementerian Luar Negeri AS, Selasa.

Baca juga: AS dan Korea Selatan Bakal Gelar Tabletop Exercise Terkait Ancaman Nuklir

Pemerintah AS juga menyalahkan Rusia atas kegagalan melanjutkan pembicaraan yang diperlukan berdasarkan perjanjian News START.

Pada Agustus 2022, Kementerian Luar Negeri Rusia menyampakan bahwa pihaknya telah memberitahu AS bahwa Moskwa menangguhkan inspeksi berdasarkan perjanjian New START untuk sementara waktu.

Kementerian Luar Negeri Rusia menyampaikan, serentetan sanksi yang dijatuhkan Washington kepada Moskwa akibat invasi ke Ukraina telah mengubah kondisi antara kedua negara.

Baca juga: AS Persiapan, Pantau Potensi Uji Coba Bom Nuklir Korea Utara

Kementerian tersebut juga menyebut bahwa Washington menghalangi Rusia untuk melakukan inspeksi di lokasi AS.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri AS pada Selasa membantah bahwa Washington menghalangi inspeksi dari Rusia.

Kementerian Luar Negeri AS berkeras bahwa upaya pengendalian senjata nuklir AS-Rusia sangat penting untuk keamanan Washington, sekutunya, dan dunia pada umumnya.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Ancam Perang Nuklir Jika Rusia Kalah Perang di Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com