Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang di Pedalaman, Kapsul Radioaktif Kecil Dicari Badan Nuklir Australia

Kompas.com - 31/01/2023, 19:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MELBOURNE, KOMPAS.com - Badan keselamatan nuklir Australia mengatakan pada hari Selasa (31/1/2023) bahwa mereka telah bergabung dalam perburuan kapsul radioaktif kecil yang hilang di suatu tempat di pedalaman.

Mereka mengirim tim dengan peralatan deteksi khusus yang dipasang di mobil.

Pihak berwenang telah melakukan pencarian selama seminggu untuk kapsul yang diyakini telah jatuh dari truk yang melakukan perjalanan 1.400 km (870 mil) di Australia Barat.

Baca juga: AS dan Korea Selatan Bakal Gelar Tabletop Exercise Terkait Ancaman Nuklir

Dilansir dari Reuters, kehilangan tersebut telah memicu peringatan radiasi untuk sebagian besar negara bagian yang luas.

Pihak berwenang di Australia Barat sedang mencari kapsul radioaktif yang diyakini jatuh dari truk yang mengambilnya pada 12 Januari lalu.

Kapsul, bagian dari pengukur yang digunakan untuk mengukur kepadatan pakan bijih besi, telah dipercayakan oleh Rio Tinto Ltd kepada kontraktor spesialis untuk diangkut.

Rio meminta maaf pada hari Senin (30/1/2023) atas kekalahan itu, yang terjadi sekitar dua minggu terakhir.

Badan Perlindungan Radiasi dan Keselamatan Nuklir Australia mengatakan sedang bekerja sama dengan pemerintah Australia Barat untuk menemukan kapsul tersebut.

Ia menambahkan bahwa Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia juga telah mengirim spesialis layanan radiasi serta peralatan deteksi dan pencitraan.

Truk itu melakukan perjalanan dari tambang Gudai-Darri Rio, utara Newman, sebuah kota kecil di wilayah Kimberley yang terpencil, ke fasilitas penyimpanan di pinggiran kota Perth, yang jaraknya lebih jauh dari Inggris Raya.

Baca juga: AS Persiapan, Pantau Potensi Uji Coba Bom Nuklir Korea Utara

Pejabat darurat negara bagian pada hari Selasa mengeluarkan peringatan baru kepada pengendara di sepanjang jalan raya terpanjang Australia untuk berhati-hati ketika mendekati pihak pencari, karena kendaraan yang membawa detektor radiasi melaju dengan kecepatan lambat.

"Ini akan memakan waktu sekitar lima hari untuk menempuh rute aslinya, diperkirakan 1400 km, dengan kru melakukan perjalanan ke utara dan selatan di sepanjang Great Northern Highway," kata Pengontrol Insiden Departemen Pemadam Kebakaran dan Layanan Darurat Darryl Ray.

Pengukur diambil dari lokasi tambang pada 12 Januari.

Ketika dibongkar untuk diperiksa pada 25 Januari, pengukur ditemukan rusak, dengan salah satu dari empat baut pemasangan hilang dan sekrup dari pengukur juga hilang.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Ancam Perang Nuklir Jika Rusia Kalah Perang di Ukraina

Pihak berwenang menduga getaran dari truk menyebabkan sekrup dan baut terlepas, dan kapsul jatuh dari paket dan kemudian keluar dari celah di truk.

Kapsul perak, berdiameter 6 mm dan panjang 8 mm, mengandung Sesium-137 yang memancarkan radiasi sama dengan 10 sinar-X per jam.

Orang-orang telah diberitahu untuk tak mendekati area setidaknya lima meter (16,5 kaki) karena paparan dapat menyebabkan luka bakar radiasi atau penyakit radiasi.

Baca juga: IAEA Khawatir Dunia Remehkan Ancaman Bencana Nuklir di PLTN Zaporizhzhia Ukraina

Mengemudi melewati kapsul diyakini berisiko relatif rendah, mirip dengan melakukan rontgen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com