Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KALEIDOSKOP INTERNASIONAL SEPTEMBER 2022: Ratu Elizabeth II Wafat | Putin Umumkan Mobilisasi Parsial Rusia

Kompas.com - 30/12/2022, 13:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Sejumlah peristiwa besar di mancanegara terjadi pada September 2022, mulai dari wafatnya seorang tokoh dunia hingga adanya perkembangan luar biasa dalam perang di Ukraina.

Pada bulan ini, Ratu Elizabeth II wafat setelah lebih dari 70 tahun memerintah monarki Inggris.

Kepergiannya memicu perubahan drastis dalam keluarga kerajaan Inggris, dengan naiknya Pangeran Charles sebagai raja baru dengan gelar Raja Charles III.

Sementara itu di sisi lain Eropa, perang Ukraina memasuki babak baru setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial yang pertama sejak pecahnya Perang Dunia II.

Selengkapnya terkait peristiwa global utama pada bulan kesembilan tahun ini terangkum dalam Kaleidoskop Internasional September 2022 berikut ini:

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL AGUSTUS 2022: FBI Gerebek Rumah Trump | Najib Razak Dipenjara

Ratu Elizabeth II Wafat, Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja Charles III

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Raja Inggris Charles III, Pangeran William dari Inggris, Putri Anne dari Inggris, memberi hormat bersama Pangeran Andrew dari Inggris, ketika peti mati Ratu Elizabeth II yang dihiasi simbol Royal Standard dan Mahkota Negara Kerajaan dibawa ke Istana Westminster mengikuti prosesi dari Istana Buckingham, London, Rabu (14/9/2022).AP PHOTO/BEN STANSALL Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Raja Inggris Charles III, Pangeran William dari Inggris, Putri Anne dari Inggris, memberi hormat bersama Pangeran Andrew dari Inggris, ketika peti mati Ratu Elizabeth II yang dihiasi simbol Royal Standard dan Mahkota Negara Kerajaan dibawa ke Istana Westminster mengikuti prosesi dari Istana Buckingham, London, Rabu (14/9/2022).
Ratu Elizabeth II wafat di Kastil Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022).

Sebagai penerus takhta Kerajaan Inggris, Charles secara langsung mengambil alih sebagai raja baru dengan mengambil gelar Raja Charles III.

Mengenang ibunya, dia mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II adalah penguasa yang disayangi serta ibu yang sangat dicintai dan akan dirindukan di seluruh dunia.

Sesaat sebelum sang kepala Kerajaan Inggris meninggal, semua anak Ratu Elizabeth II berkumpul di Kastil Balmoral, Skotlandia, tempat sang ratu diawasi oleh para dokter.

Tim dokter sebelumnya menyatakan kekhawatiran akan kesehatan Ratu Inggris dan menyatakan bahwa pemimpin monarki terlama itu harus tetap berada di bawah pengawasan medis.

Para anggota keluarga Kerajaan Inggris lalu bergegas untuk berada di sisi Ratu Elizabeth II di Kastil Balmoral yang berlokasi di Aberdeenshire.

Semua anak Ratu Elizabeth II yang hadir termasuk Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran William, dan Pangeran Edward. Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, juga menuju Kastil Balmoral untuk berada di sisi Ratu Elizabeth II sebelum meninggal.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Ratu Elizabeth Wafat | Charles Jadi Raja Inggris

Charles III Diambil Sumpah Resmi Jadi Raja Inggis

Raja Charles III memakai Patek Philippe Calatrava Raja Charles III memakai Patek Philippe Calatrava

Pangeran Charles resmi diproklamirkan sebagai Raja Inggris yang baru, bergelar Charles III, Sabtu (10/9/2022) dalam sebuah upacara di Istana St James, London, Inggris.

Takhta Kerajaan Inggris langsung diserahkan kepada ahli waris urutan pertama, Charles ketika Ratu Elizabeth II meninggal, Kamis (8/9/2022).

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com