Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Lavrov Yakin Rusia Akan Capai Tujuan di Ukraina berkat Kesabaran

Kompas.com - 29/12/2022, 12:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Rabu (28/12/2022) mengatakan, dia yakin Moskwa akan mencapai tujuannya di Ukraina berkat kesabaran dan ketekunan.

"Saya yakin bahwa berkat ketekunan, kesabaran, dan tekad kami, kami akan mempertahankan tujuan mulia yang vital bagi rakyat dan negara kami," kata Lavrov dalam wawancara yang disiarkan di televisi nasional, dikutip dari kantor berita AFP.

Dia menegaskan kembali sikap Moskwa bahwa untuk melanjutkan pembicaraan, Kyiv harus mengakui aneksasi Rusia di empat wilayah Ukraina.

Baca juga: Rusia-China Rampungkan Latihan Angkatan Laut, Buru Kapal Selam Musuh

"Prioritas mutlak kami adalah empat wilayah baru Rusia," lanjut Lavrov. "Mereka harus bebas dari ancaman Nazifikasi yang dihadapi selama bertahun-tahun."

Rusia saat ini belum menguasai wilayah Donetsk, Lugansk, Kherson, dan Zaporizhzhia sepenuhnya. Lavrov menegaskan bahwa itu adalah tujuan akhir Moskwa.

Lavrov menambahkan, meski Moskwa menginginkan konflik berakhir, Rusia akan memanfaatkan waktunya untuk mencapai tujuan di medan perang.

Baca juga:

"Kami tidak terburu-buru," ujar dia.

"Kami ingin mengakhiri perang ini secepat mungkin, yang sedang dipersiapkan oleh Barat, dan sebagai hasilnya dilancarkan melawan kami melalui Ukraina."

"Kami orang-orang yang sabar. Kami akan melindungi rekan kami, warga negara, dan tanah yang telah menjadi milik Rusia selama berabad-abad."

Baca juga: Rusia Ajukan Usul Penyelesaian Konflik Ukraina, Lavrov: Terserah Mau Kabulkan Atau Pasukan Kami yang Bereskan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com