Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang Dua Hari di Laut, Seorang Nelayan Ditemukan Berpegangan di Atas Pelampung Suar

Kompas.com - 29/12/2022, 09:18 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Seorang nelayan bertahan hidup di tengah laut selama dua hari dengan berpegangan pada pelampung suar setelah jatuh dari kapalnya dan hilang di lepas pantai Brasil.

David Soares (43 tahun) diselamatkan oleh sesama nelayan setempat dua hari setelah kapalnya ditemukan terapung-apung di Samudera Atlantik.

Dia mengatakan kepada media lokal bahwa dia jatuh dari kapal penangkap ikannya dan berenang selama empat jam sebelum dia menemukan pelampung suar, yang berhasil dia panjat.

Baca juga: [KABAR DUNIA SEPEKAN] Penumpang Gelap Bertahan 11 Hari di Daun Kemudi Kapal | Mantan Presiden China Jiang Zemin Meninggal Dunia

Nelayan Brasil itu berangkat sendiri dari pantai Atafona di utara negara bagian Rio de Janeiro pada Minggu (25/12/2022) untuk memancing.

Namun, dia tergelincir dari kapal dan terombang-ambing di tengah laut setelah gagal menggapai kapalnya.

"Bagi saya 10 menit pertama adalah yang paling sulit karena saya ingin kembali ke kapal dengan segala cara, tetapi arusnya terlalu kuat sehingga saya tidak dapat mencapainya,” kata pria itu kepada situs berita G1 Brasil dilansir dari BBC pada Rabu (28/12/2022).

Begitu dia sadar tidak akan bisa kembali ke perahunya, dia melepas baju dan celananya karena itu membebaninya dan membiarkan dirinya hanyut.

"Airnya berombak dan berangin...jadi saya memutuskan untuk membiarkan diri saya terbawa arus untuk menggunakan lebih sedikit energi," katanya.

Baca juga: Kapal Terbalik di Perairan Penuh Hiu dan Buaya, Pria Ini Bertahan Hidup dengan Sepotong Kayu

Setelah empat jam, dia mencapai pelampung suar di dekat pelabuhan Acu, yang kemudian dia panjat.

"Saya pikir saya akan mati kedinginan sebelum bantuan datang," kenangnya dilansir dari BBC.

Butuh dua hari baginya untuk ditemukan oleh salah satu rekan nelayannya yang berangkat untuk mencarinya setelah keluarganya menyerukan kekhawatiran.

Dalam sebuah video yang direkam oleh penyelamatnya dalam perjalanan pulang, Soares tampak bersemangat, tersenyum dan bercanda.

Dia kemudian memberi tahu jurnalis Joao Villa Real bahwa dia menjadi sangat emosional ketika melihat reaksi orang-orang yang menemukannya: "Mereka semua menangis."

Pria itu telah dirawat karena dehidrasi dan telah kembali memancing.

Baca juga: Penyelamatan Dramatis Imigran di Perairan Membeku Inggris, Puluhan Orang Berteriak Minta Tolong dari Kapal yang Hampir Tenggelam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com