Kompas.com - 07/10/2022, 21:04 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Ukraina Oleksiy Reznikov pada Jumat (7/10/2022) meminta pasukan Rusia meletakkan senjata, dan menjanjikan kehidupan serta keselamatan bagi mereka.

"Anda masih bisa menyelamatkan Rusia dari tragedi dan tentara Rusia dari penghinaan," kata Reznikov dalam bahasa Rusia dalam video yang ditujukan kepada pasukan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

"Kami menjamin kehidupan, keamanan, dan keadilan bagi semua yang segera menolak berperang. Dan kami akan memastikan pengadilan bagi mereka yang memberikan perintah pidana," janjinya.

Baca juga: Ribuan Tentara Rusia Menyerah, Telepon Hotline Kementerian Pertahanan Ukraina

"Anda telah ditipu dan dikhianati" oleh Kremlin, lanjut Reznikov.

“Lebih mudah bagi mereka untuk memberitahu Anda bahwa Anda mati secara heroik dalam pertempuran melawan gerombolan imajiner NATO."

"Memang benar bahwa negara-negara NATO memasok kami dengan senjata. Tetapi tentara Ukraina yang memukuli Anda dengan senjata ini,” ujar Reznikov.

Reznikov menambakan, "Tentara Ukraina tidak membutuhkan tanah Rusia, kami cukup memiliki tanah kami sendiri. Dan kami akan mengambil semuanya kembali."

Pasukan Ukraina kini sedang unggul dalam serangan balasan di selatan dan timur negara itu selama beberapa minggu terakhir.

Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah yang sebelumnya diduduki tentara Rusia.

Baca juga: Saat Putin Beri Sinyal Sadar akan Kerugian Besar Rusia di Ukraina...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.