Kompas.com - 16/08/2022, 20:31 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Adegan kekacauan di Ikea Shanghai terjadi ketika otoritas kesehatan China mencoba mengunci toko dan mengkarantina mereka yang ada di lokasi di dalam toko.

Hal itu terjadi setelah petugas mengetahui seseorang pengunjung melakukan kontak dekat dengan pasien Covid-19 China telah berkunjung pada Sabtu (13/6/2022).

Video di media sosial menunjukkan, pembeli berteriak dan berusaha melarikan diri dari gedung ketika petugas berusaha mengunci pintu toko setelah berita tentang penutupan kilat diumumkan.

Baca juga: Hacker Jual Data 48,5 Juta Pengguna Aplikasi Covid-19 Shanghai

Sebanyak 25 juta penduduk Shanghai telah berpengalaman dalam penguncian ketat dalam dua tahun terakhir.

Dalam upaya untuk membasmi virus, pembatasan Covid-19 China telah melarang warga Shanghai meninggalkan rumah mereka selama dua bulan pada musim semi tahun ini saja.

Bloomberg mewartakan pada Senin (15/8/2922) bahwa Otoritas Kesehatan di kota pusat keuangan China itu mengatakan telah memberlakukan "langkah-langkah pengendalian sementara" di toko Ikea Shanghai tersebut.

Operasi itu dilakukan setelah mereka mengetahui di sana ada pengunjung yang memiliki riwayat kontak dekat dengan seorang anak laki-laki berusia 6 tahun, yang terinfeksi Covid tanpa gejala.

Mereka tidak mengatakan kapan kontak dekat itu ada di toko.

“Semua orang di Ikea dan daerah lain yang terkena dampak perlu dikarantina selama dua hari, dan kemudian melakukan pengawasan kesehatan selama lima hari,” kata Wakil Direktur Komisi Kesehatan Shanghai Zhao Dandan, dalam sebuah pengarahan pada Minggu (14/8/2022).

Baca juga: Covid-19 Surut, Apple Wajibkan Karyawan Ngantor 3 Kali Seminggu

Penguncian cepat diterapkan sebagai bagian dari strategi nol Covid China, di mana orang-orang di sebuah gedung atau distrik perkotaan dilarang pergi dengan sedikit pemberitahuan.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Bloomberg
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.