Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Akhirnya Keluar dari Isolasi Covid-19, Bandingkan Kondisinya dengan Trump Saat Terinfeksi

Kompas.com - 28/07/2022, 08:32 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengakhiri isolasi Covid-19-nya pada Rabu (27/7/2022), dan langsung menyarankan publik Amerika untuk memanfaatkan vaksin dan perawatan booster, supaya mereka dapat "hidup tanpa rasa takut" dalam pandemi.

Cara itu menurutnya dapat memberikan perlindungan yang dia buktikan dengan pemulihannya yang cepat.

Baca juga: Di Tengah Kemelut China-Taiwan, Biden Akan Bertemu Xi Jinping Kamis

“Anda tidak perlu menjadi presiden untuk mendapatkan alat-alat ini untuk digunakan sebagai pertahanan Anda,” katanya di Rose Garden sebagaimana dilansir AP.

“Faktanya, suntikan booster yang sama, tes di rumah yang sama, perlakuan yang sama yang saya dapatkan tersedia untuk Anda.”

Pandemi telah menewaskan lebih dari 1 juta orang di AS dan terus mengganggu kehidupan sehari-hari lebih dari dua tahun setelah dimulai.

Tetapi Biden menekankan bahwa orang-orang jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit itu, meskipun ada gelombang infeksi baru yang disebabkan oleh varian menular yang dikenal sebagai BA.5, yang diyakini telah membuat Presiden ke-46 AS itu juga sakit.

“Anda bisa hidup tanpa rasa takut dengan melakukan apa yang saya lakukan,” katanya. “Dapatkan dorongan, tes dan dapatkan perawatan.”

Dia berbicara lebih banyak tentang pengobatan daripada pencegahan, sebuah tanda bagaimana pandemi dan pendekatannya telah berkembang.

“Kakek-nenek memeluk anak-anak dan cucu-cucu mereka lagi. Pernikahan, ulang tahun, perayaan terjadi lagi secara langsung. Mari terus bangkit dari salah satu momen tergelap dalam sejarah kita,” tambah Baiden.

Baca juga: Presiden AS Joe Biden Positif Covid, Kondisinya Terus Membaik

Pada kesempatan yang sama, Biden membandingkan kondisinya dengan pendahulunya Donald Trump ketika terinfeksi Covid-19 dan dirawat di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed.

“Dia (Trump) sakit parah. Syukurlah, dia pulih. Ketika saya terkena Covid, saya bekerja dari lantai atas di Gedung Putih,” kata pemimpin berusia 79 tahun itu.

Perbedaannya, kata Biden, adalah ketersediaan vaksin, perawatan, dan tes di rumah untuk mendeteksi infeksi lebih awal.

Itu adalah penampilan publik pertama Biden secara langsung sejak dia dites positif Covid-19 pada 21 Juli.

Dia berjalan keluar dari Gedung Putih pada Rabu (27/7/2022) dengan mengenakan kacamata penerbang khasnya dan masker wajah hitam, yang menurut dokternya akan terus dia pakai ketika berdekatan dengan orang lain selama lima hari lagi.

Staf Gedung Putih yang berkumpul di Rose Garden memuji Biden, yang berterima kasih kepada mereka atas dukungan mereka saat dia menyelesaikan sambutannya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com