Kompas.com - 12/08/2022, 14:30 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan tindakan pembatasan seperti karantina dan jarak sosial tak lagi jadi fokus dan bisa mulai ditinggalkan.

CDC saat ini fokus mengurangi penyakit parah yang disebabkan Covid-19.

Dilansir CNN, dalam pedoman baru yang dirilis Kamis (11/8/2022), CDC tidak lagi merekomendasikan untuk menjauh setidaknya 6 kaki dari orang lain untuk mengurangi risiko paparan virus.

Baca juga: CDC: Cacar Monyet Ada 700 Kasus di Seluruh Dunia

Hal ini adalah perubahan dari pedoman yang telah ada sejak awal pandemi.

Pergeseran tersebut menjadi tanda betapa banyak yang telah berubah sejak awal pandemi lebih dari dua tahun lalu.

Hampir seluruh penduduk AS memiliki kekebalan melalui vaksinasi, infeksi sebelumnya atau, dalam beberapa kasus, keduanya.

"Kondisi pandemi saat ini sangat berbeda dari dua tahun terakhir," kata Greta Massetti, yang memimpin Cabang Epidemiologi dan Pencegahan Lapangan di CDC, Kamis.

Baca juga: CDC Khawatir Wabah Cacar Monyet Menyebar ke Luar Inggris

AS berada di dataran tinggi Covid, dan tidak ada yang yakin apa yang akan terjadi selanjutnya

"Tingkat kekebalan populasi yang tinggi karena vaksinasi dan infeksi sebelumnya, ditambah banyak alat yang tersedia untuk melindungi populasi umum dan orang yang berisiko lebih tinggi, memungkinkan kami fokus melindungi orang dari penyakit serius yang timbul akibat Covid-19," tambahnya.

Pedoman CDC baru mengatakan pelacakan kontak atau tracing harus dibatasi pada rumah sakit dan situasi kelompok berisiko tinggi tertentu seperti panti jompo.

Halaman:
Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.