Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80.000 Wisatawan Terjebak di Hawaii-nya China karena Lockdown Covid-19

Kompas.com - 07/08/2022, 16:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Lebih dari 80.000 wisatawan terjebak di Kota Sanya, Provinsi Hainan, China setelah pihak berwenang mengumumkan tindakan lockdown untuk membendung wabah Covid-19.

Pulau Hainan yang memiliki pantai cantik selama ini dikenal juga sebagai "Hawaii China".

Kota Sanya adalah kota berpenduduk lebih dari 1 juta orang di pulau selatan Hainan, di mana 483 kasus Covid-19 dilaporkan pada Minggu (7/8/2022).

Baca juga: Seberapa Besar Risiko Perang China-Taiwan?

Semua penerbangan ke luar Kota Sanya telah dibatalkan selama akhir pekan ini, dengan pihak berwenang juga menghentikan penjualan tiket kereta api.

“Turis yang ingin pergi harus dites negatif dalam lima tes PCR selama tujuh hari,” kata seorang pejabat kesehatan Kota Sanya dalam jumpa pers Sabtu (6/8/2022), sebagaimana dikutip dari AFP.

Terkait kebijakan lockdown ini, hotel-hotel di kota Sanya telah diminta untuk menawarkan diskon 50 persen kepada para tamu hingga pembatasan perjalanan dilonggarkan.

China adalah satu-satunya negara yang masih berpegang teguh pada strategi nol-Covid-19 dengan penerapan lockdown cepat dan karantina panjang yang bisa menghancurkan pariwisata lokal.

Perbatasan negara juga sebagian besar tetap ditutup sejak awal 2020, menghentikan pariwisata internasional.

Wabah Covid-19 terbaru datang selama musim puncak pariwisata di Sanya, tempat selancar yang populer.

Baca juga:

Semua tempat hiburan termasuk spa, bar karaoke, dan pub telah ditutup sejak minggu lalu, tetapi layanan penting seperti supermarket dan apotek tetap buka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com