Kompas.com - 01/08/2022, 12:01 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pemilihan perdana menteri Inggris selanjutnya untuk menggantikan Boris Johnson dimulai, dengan dua kandidat tersisa yaitu Rishi Sunak dan Liz Truss.

Liz Truss adalah Menteri Luar Negeri Inggris, sedangkan Rishi Sunak merupakan mantan menteri keuangan.

Pada Senin (1/8/2022), pemilihan PM Inggris dilakukan dengan memungut surat suara dari para anggota Partai Konservatif.

Baca juga: Dua Kandidat Tersisa Berebut Kursi PM Inggris, Bagaimana Perbedaan Arah Kebijakannya?

Kantor berita AFP melaporkan, Liz Truss lebih dijagokan menang dibandingkan Rishi Sunak.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss saat tiba untuk pertemuan kabinet di Downing Street No 10, London, 25 Januari 2022.AFP/DANIEL LEAL Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss saat tiba untuk pertemuan kabinet di Downing Street No 10, London, 25 Januari 2022.
Selama dua minggu terakhir, kedua calon PM Inggris tersebut saling beradu di jalur kampanye, terutama rencana ekonomi untuk "Negeri Ratu Elizabeth".

Liz Truss berjanji memangkas pajak dalam upaya menghidupkan kembali perekonomian Inggris yang lesu, dan meringankan beban kenaikan harga.

Di sisi lain, Rishi Sunak yang mengawal perekonomian Inggris melalui pandemi mengatakan bahwa rencana Liz Truss adalah ekonomi fantasi. Menurutnya, kebijakan itu akan memicu inflasi dan semakin menekan keuangan publik yang sedang berjuang pulih.

Meski Rishi Sunak kalah favorit, pekan lalu ia mendapat angin segar usai mengumumkan rencana penghapusan PPN pada tagihan energi.

Kemudian, pada Minggu (31/7/2022) dia berjanji memotong tarif dasar pajak penghasilan sebesar 20 persen sebelum akhir parlemen berikutnya, paling lambat pada Desember 2029.

Pria berusia 42 tahun itu turut mengungkapkan rencana menghidupkan kembali pusat-pusat kota yang tidak beraturan di Inggris.

Baca juga:

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.