Kompas.com - 07/07/2022, 19:49 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (7/7/2022).

Johnson mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Inggris di pintu kantor sekaligus rumah dinasnya, Downing Street Nomor 10.

Johnson sebelumnya telah ditinggalkan oleh puluhan menterinya sendiri setelah berbagai skandal yang menerpanya.

Apa saja skandal yang terjadi pada masa pemerintahan Johnson? Dilansir Reuters, berikut daftar beberapa skandal yang terjadi.

Baca juga: PM Inggris Boris Johnson Akhirnya Mundur, Sampaikan Terima Kasih

Pincher Affair

Pengunduran diri massal di kalangan para menteri terjadi selang beberapa waktu setelah kantor Johnson memberikan informasi palsu tentang tuduhan pelecehan seksual di masa lalu yang menyeret nama anggota parlemen dari Partai Konservatif, Christopher Pincher.

Pada Februari, Johnson menunjuk menunjuk Pincher sebagai Deputy Chief Whip, memberinya tanggung jawab untuk kesejahteraan anggota parlemen dari Partai Konservatif lainnya.

Pekan lalu, Pincher diskors dari partai setelah mengakui dia telah membuat beberapa orang tidak nyaman pada suatu malam karena dia sedang mabuk.

Kemudian terungkap bahwa Pincher telah menjadi subjek tuduhan pelecehan seksual di masa lalu.

Kantor Johnson awalnya mengatakan, perdana menteri tidak mengetahui tuduhan spesifik masa lalu terhadap Pincher.

Namun, pada Senin (5/7/2022), mantan pegawai negeri senior Simon McDonald menulis surat yang mengatakan bahwa dia telah menyelidiki tuduhan tersebut pada 2019 dan telah menguatkan pengaduan tersebut.

Baca juga: Diterpa Tornado Politik, PM Inggris Boris Johnson Akan Mundur

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.