Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Luar Negeri Rusia Kunjungi Bali, Hadiri Pertemuan G20

Kompas.com - 07/07/2022, 19:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov terbang ke Bali Indonesia untuk pertemuan menteri luar negeri G20, yang akan dibayangi ketegangan konflik Rusia-Ukraina.

Pertemuan G20 berlangsung hingga Jumat (8/7/2022) di negara tuan rumah Indonesia, yang tahun ini telah bergelut dengan aksi penyeimbang menjalankan KTT global yang dilanda tekanan geopolitik dan krisis pangan.

Dilansir Reuters, ada keamanan ketat pada hari Kamis (6/7/2022) di wilayah Nusa Dua Bali, di mana puncak pertemuan para diplomat sedang diadakan.

Baca juga: China Siap Perdalam Kerja Sama dengan Rusia, Termasuk dalam G20

Berbicara menjelang kedatangannya di Bali, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan Rusia tidak boleh menggunakan pertemuan G20 sebagai platform, mengingat perang di Ukraina.

"Ini adalah kepentingan kita semua untuk memastikan bahwa hukum internasional dihormati dan dipatuhi. Itu adalah persamaan," kata Baerbock.

KTT ini jadi pertemuan tatap muka pertama antara menteri luar negeri Vladimir Putin, Lavrov dan beberapa kritikus terbesar Rusia sejak invasi Ukraina, yang disebut Moskwa sebagai "operasi militer khusus".

Lavrov telah tiba di Bali dan berencana untuk bertemu dengan beberapa rekan G20 di sela-sela KTT, kantor berita Rusia TASS melaporkan.

Baca juga: Blinken Akan Bawa Isu Perang Rusia-Ukraina dalam Pertemuan G20 di Bali

Meski begitu, menteri termasuk Baerbock dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah mengesampingkan pertemuan Lavrov.

Kelompok 20 ini termasuk negara-negara Barat, menuduh Moskwa melakukan kejahatan perang di Ukraina dan menggulirkan sanksi.

Beberapa pejabat dari Eropa dan Amerika Serikat telah menekankan KTT Bali tidak akan "bisnis seperti biasa".

Juru bicara menteri luar negeri Jerman mengatakan negara-negara G7 akan mengkoordinasikan tanggapan mereka terhadap Lavrov di Bali.

Baca juga: Menlu AS Akan Bertemu Menlu China di G20 Bali, tapi Tidak dengan Menlu Rusia

Para pejabat tinggi dari Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat keluar dari perwakilan Rusia selama pertemuan keuangan G20 di Washington pada bulan April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com