Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilihan PM Inggris Dimulai, Rishi Sunak Vs Liz Truss

Liz Truss adalah Menteri Luar Negeri Inggris, sedangkan Rishi Sunak merupakan mantan menteri keuangan.

Pada Senin (1/8/2022), pemilihan PM Inggris dilakukan dengan memungut surat suara dari para anggota Partai Konservatif.

Kantor berita AFP melaporkan, Liz Truss lebih dijagokan menang dibandingkan Rishi Sunak.

Liz Truss berjanji memangkas pajak dalam upaya menghidupkan kembali perekonomian Inggris yang lesu, dan meringankan beban kenaikan harga.

Di sisi lain, Rishi Sunak yang mengawal perekonomian Inggris melalui pandemi mengatakan bahwa rencana Liz Truss adalah ekonomi fantasi. Menurutnya, kebijakan itu akan memicu inflasi dan semakin menekan keuangan publik yang sedang berjuang pulih.

Meski Rishi Sunak kalah favorit, pekan lalu ia mendapat angin segar usai mengumumkan rencana penghapusan PPN pada tagihan energi.

Kemudian, pada Minggu (31/7/2022) dia berjanji memotong tarif dasar pajak penghasilan sebesar 20 persen sebelum akhir parlemen berikutnya, paling lambat pada Desember 2029.

Pria berusia 42 tahun itu turut mengungkapkan rencana menghidupkan kembali pusat-pusat kota yang tidak beraturan di Inggris.

"Saya juga akan menindak perilaku anti-sosial, grafiti, dan membuang sampah sembarangan melalui peningkatan kekuatan polisi dan menambah denda."

Liz Truss dan Rishi Sunak kali pertama berhadapan di depan anggota Partai Konservatif pada Kamis (28/7/2022), dari 12 acara nasional sebelum pengganti Boris Johnson diumumkan pada 5 September.

Truss pada Jumat (29/7/2022) mendapat dukungan dari Menteri Pertahanan Ben Wallace yang dihormati di kalangan anggota partai karena penanganannya terhadap krisis Ukraina.

Rishi Sunak, yang pengunduran dirinya dari kabinet Boris Johnson memainkan peran kunci dalam lengsernya PM Inggris tersebut, juga mengakui keunggulan Liz Truss.

Berita video "PM Inggris Mundur, Rusia Rayakan Kejatuhan Boris Johnson" (sesuai judul berita video) dapat disimak di bawah ini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/01/120100470/pemilihan-pm-inggris-dimulai-rishi-sunak-vs-liz-truss

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke