Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Pemakaman Shinzo Abe, Warga Jepang Turun ke Jalan Beri Penghormatan Terakhir

Kompas.com - 12/07/2022, 20:09 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

Orang-orang mengantre untuk mempersembahkan bunga dan doa untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, di kuil Zojoji sebelum pemakamannya Selasa, 12 Juli 2022, di Tokyo. Abe dibunuh pada hari Jumat saat berkampanye di Nara, Jepang barat.AP PHOTO/EUGENE HOSHIKO Orang-orang mengantre untuk mempersembahkan bunga dan doa untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, di kuil Zojoji sebelum pemakamannya Selasa, 12 Juli 2022, di Tokyo. Abe dibunuh pada hari Jumat saat berkampanye di Nara, Jepang barat.

TOKYO, KOMPAS.com - Orang-orang Jepang turun ke jalan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang mendominasi politik negara itu sebelum pengunduran dirinya pada 2020, dan meninggal setelah ditembak dalam kampanye pekan lalu.

Kerumunan yang dijaga oleh polisi memadati trotoar, saat mobil jenazah Abe meninggalkan Kuil Zojoji di pusat kota Tokyo pada Selasa (12/7/2022) sore.

Baca juga: Benarkah Shinzo Abe Mantan PM Jepang Ditembak Tetsuya Yamagami karena Uang? Ini Jawaban Gereja Unifikasi

Orang-orang berteriak, bertepuk tangan dan melambai saat kendaraan lewat, dengan beberapa memegang bunga.

Sebelumnya hari itu, banyak orang mengantri di kuil untuk memberi penghormatan kepada mantan perdana menteri, yang berusia 67 tahun.

Orang-orang mengantre sebelum berdoa untuk menghormati mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di kuil Zojoji sebelum pemakamannya di Tokyo pada Selasa, 12 Juli 2022.AP PHOTO/HIRO KOMAE Orang-orang mengantre sebelum berdoa untuk menghormati mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di kuil Zojoji sebelum pemakamannya di Tokyo pada Selasa, 12 Juli 2022.

Pembunuhan Shinzo Abe pada Jumat (9/7/2022) oleh seorang pria pengangguran yang menggunakan senjata rakitan, mengejutkan dunia terlebih mengingat kejahatan senjata dan kekerasan politik sangat jarang terjadi di “Negeri Sakura”.

Baca juga: Jasa Shinzo Abe

Keiko Noumi, seorang guru berusia 58 tahun, termasuk di antara mereka yang mempersembahkan doa dan bunga di depan foto besar Shinzo Abe yang dipasang di halaman kuil.

"Ada rasa aman ketika dia menjadi perdana menteri yang bertanggung jawab atas negara. Saya sangat mendukungnya, jadi ini sangat disayangkan,” katanya dilansir dari Al Jazeera.

Salah satu orang yang mempersembahkan bunga dan doa untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, menangis di kuil Zojoji sebelum pemakamannya di bangun Selasa, 12 Juli 2022, di Tokyo.AP PHOTO/EUGENE HOSHIKO Salah satu orang yang mempersembahkan bunga dan doa untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, menangis di kuil Zojoji sebelum pemakamannya di bangun Selasa, 12 Juli 2022, di Tokyo.

Abe, yang menjadi salah satu politisi pasca perang paling berpengaruh di Jepang, memimpin negara itu selama hampir delapan tahun sebelum dia mengumumkan mengundurkan diri karena kesehatan pada Agustus 2020.

“Abe adalah wajah pemerintah,” kata Jeffrey Hall, pakar politik Jepang di Kanda University of International Studies, kepada Al Jazeera dari Tokyo.

Baca juga: Partai Mendiang Shinzo Abe Menang di Pemilu Jepang

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, tengah, pejabat dan karyawan berdoa di depan mobil jenazah yang membawa jenazah mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang melakukan kunjungan singkat ke Kantor Perdana Menteri Selasa, 12 Juli 2022, di Tokyo.AP PHOTO/EUGENE HOSHIKO Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, tengah, pejabat dan karyawan berdoa di depan mobil jenazah yang membawa jenazah mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang melakukan kunjungan singkat ke Kantor Perdana Menteri Selasa, 12 Juli 2022, di Tokyo.

“Selama delapan tahun, dia selalu ada di sana. Dia memiliki visi Jepang. Visi sebuah negara yang akan lebih proaktif dalam urusan dunia, (dan) lebih proaktif dalam keamanan, dan berusaha mencapainya dengan membangun banyak hubungan pribadi yang kuat dengan para pemimpin dunia.”

Pemakaman Shinzo Abe yang dihadiri oleh Akie Abe Istri Shinzo Abe, keluarga dan teman dekat.

Setelah itu, mobil jenazah yang membawa pemimpin terlama Jepang itu memulai perjalanannya di sekitar pusat kota Tokyo. Rutenya melewati landmark politik utama, seperti gedung parlemen tempat Abe menjadi legislator pada 1993.

Kendaraan yang membawa jenazah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan kuil Zojoji setelah pemakamannya di Tokyo pada Selasa, 12 Juli 2022.AP PHOTO/HIRO KOMAE Kendaraan yang membawa jenazah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan kuil Zojoji setelah pemakamannya di Tokyo pada Selasa, 12 Juli 2022.

Sejak kematian Abe, penghormatan telah mengalir dari para pemimpin internasional.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken melakukan pemberhentian singkat dalam perjalanan ke AS dari Asia Tenggara pada Senin (11/7/2022) pagi untuk memberikan penghormatan.

Baca juga: UPDATE Penembakan Mantan PM Jepang, Shinzo Abe Bukan Anggota Gereja Unifikasi yang Diikuti Ibu Pelaku

Blinken mengatakan Abe "melakukan lebih dari siapa pun untuk meningkatkan hubungan antara Amerika Serikat dan Jepang ke tingkat yang baru".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com