Kompas.com - 06/07/2022, 11:29 WIB

DONETSK, KOMPAS.com - Setelah menguasai wilayah Luhanks, Rusia beralih menyerang wilayah Donetsk, Ukraina timur.

Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko telah mendesak lebih dari 350.000 penduduk di kawasan itu untuk mengungsi atau melarikan diri dari serangan pengeboman Rusia yang meningkat.

Ketika pasukan Rusia menggempur sasaran di Ukraina timur pada Selasa (5/7/2022), dia meminta warga sipil untuk mengungsi dari wilayah Donetsk untuk menyelamatkan nyawa sendiri.

Baca juga: Perintah Baru Putin Setelah Rusia Kuasai Seluruh Luhansk Ukraina

Selain itu, hal itu diperlukan untuk memungkinkan tentara Ukraina mempertahankan kota-kota dari serangan Rusia.

Seruan gubernur agar orang-orang di Donetsk meninggalkan provinsi itu tampaknya mewakili salah satu evakuasi terbesar yang pernah disarankan selama perang Rusia-Ukraina. 

"Nasib seluruh negara akan ditentukan oleh wilayah Donetsk," kata Kyrylenko, Selasa.

“Begitu ada lebih sedikit orang, kami akan dapat lebih berkonsentrasi pada musuh kami dan melakukan tugas utama kami,” tambah dia, dikutip dari Al Jazeera.

Gubernur Donetsk mengatakan bahwa "target nomor satu" Rusia saat ini adalah Kota Sloviansk dan Kramatorsk, sebagian karena infrastruktur penting di kota-kota tersebut, seperti pusat penyaringan air.

Kryrylenko menambahkan bahwa ketika serangan rudal dan artileri Rusia di daerah pemukiman meningkat, lebih banyak orang perlu pergi.

Dia menggambarkan penembakan sebagai sesuati yang sangat kacau dan tanpa target khusus, hanya untuk menghancurkan infrastruktur sipil dan daerah pemukiman.

Baca juga: Setelah Kuasai Luhansk, Rusia Serang Donetsk Ukraina

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.