Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2022, 18:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan perintah baru setelah pasukannya berhasil menguasai seluruh wilayah Luhansk, Ukraina timur.

Pada Senin (4/7/2022), Putin meminta Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu untuk melanjutkan serangan Moskwa di Ukraina.

"Unit militer, termasuk kelompok Timur dan kelompok Barat, harus melaksanakan tugas mereka sesuai dengan rencana yang telah disetujui sebelumnya," kata Putin kepada Shoigu.

Baca juga: Ketika Media Malaysia Ramai-ramai Soroti Pertemuan Jokowi dengan Putin dan Zelensky...

"Saya berharap semuanya akan berlanjut ke arah mereka seperti yang terjadi di Luhansk sejauh ini," ungkap dia, dikutip dari AFP.

Shoigu mengatakan kepada Putin akhir pekan kemarin bahwa pasukan Moskwa sekarang memegang kendali penuh atas wilayah Luhansk.

Rusia menganggap ini sebagai sebuah kemenangan besar setelah lebih dari empat bulan pemimpinnya mengirim pasukan ke Ukraina.

Putin mengatakan pada Senin bahwa pasukan yang ambil bagian dalam kampanye Luhansk harus beristirahat dan membangun kembali kemampuan tempur mereka.

Setelah menyerah pada tujuan awalnya untuk merebut ibu kota Ukraina, Kyiv, menyusul perlawanan keras Ukraina, Rusia telah memfokuskan upayanya untuk mengamankan kendali penuh atas wilayah Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur.

Baca juga:

Pesan Tak Tertulis Zelensky untuk Putin melalui Jokowi...

Keluh Kesah Putin kepada Jokowi

Perang Sengit Lawan Rusia, Internet di Ukraina Timur dan Selatan Terganggu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com