Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Sengit Lawan Rusia, Internet di Ukraina Timur dan Selatan Terganggu

Kompas.com - 26/02/2022, 21:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

KIEV, KOMPAS.com - Konektivitas internet di Ukraina terganggu akibat invasi Rusia, khususnya di bagian selatan dan timur negara tersebut yang merupakan lokasi pertempuran paling sengit, kata observatorium pemblokiran internet NetBlocks, Sabtu (26/2/2022).

Pasukan Rusia merebut kota Melitopol di tenggara Ukraina pada Sabtu, menurut laporan kantor berita Rusia Interfax.

Rusia juga meluncurkan serangan rudal jelajah dan artileri terkoordinasi di beberapa kota, termasuk ibu kota Kiev.

Baca juga: Pasukan Rusia dan Ukraina Mulai Berebut Ibu Kota Kiev

Konektivitas ke GigaTrans, penyedia internet utama Ukraina, turun hingga di bawah 20 persen dari level normal sebelum kembali ke level yang lebih tinggi pada Jumat pagi, kata NetBlocks.

"Saat ini kami mengamati konektivitas nasional pada 87 persen dari tingkat biasa, angka yang mencerminkan gangguan layanan begitupun penerbangan dan penutupan rumah serta bisnis sejak pagi tanggal 24," kata Alp Toker direktur NetBlocks kepada Reuters.

"Meskipun tidak ada pemadaman skala nasional, hanya sedikit yang terdengar dari daerah yang terkena dampak terburuk, dan bagi yang lain selalu ada ketakutan bahwa konektivitas dapat memburuk setiap saat, memutus koneksi dengan teman dan keluarga," lanjut Toker.

Gangguan pada jaringan telekomunikasi Ukraina dapat mempengaruhi kelompok pertahanan sipil yang sedang melakukan mobilisasi untuk mempertahankan kota-kota mereka, tambahnya.

Sementara itu, pejabat Ukraina merilis lebih banyak informasi tentang dugaan operasi spionase siber Belarus yang mereka katakan menargetkan akun e-mail pribadi milik pasukan Kiev.

Dalam unggahan di Facebook Tim Tanggap Darurat Komputer Ukraina mengatakan, para peretas tidak hanya menargetkan orang Ukraina tetapi juga orang Polandia, Rusia, dan Belarus sendiri, termasuk beberapa organisasi media Belarus.

Baca juga: 5 Negara yang Dukung Invasi Rusia ke Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com