Kompas.com - 06/07/2022, 09:01 WIB

LONDON, KOMPAS.com – Pemerintahan Perdana Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengalami guncangan setelah dua menteri mengundurkan diri sekaligus.

Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak dan Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid mengundurkan diri dengan alasan tidak bisa lagi bekerja untuk pemerintah yang terperosok dalam berbagai skandal.

Sunak dan Javid mengumumkan pengunduran diri melalui surat yang diunggah ke Twitter selang beberapa menit satu sama lain pada Selasa (6/7/2022) malam, sebagaimana dilansir CNN.

Baca juga: Rusia Mundur dari Pulau Ular Ukraina, PM Inggris: Strategi Putin Sia-sia

“Masyarakat sudah sepatutnya mengharapkan pemerintahan berjalan dengan baik, kompeten, dan serius,” tulis Sunak dalam surat pengunduran dirinya.

“Saya sadar, ini mungkin pekerjaan menteri terakhir saya, tapi saya percaya standar ini layak diperjuangkan dan itulah sebabnya saya mengundurkan diri,” sambung Sunak.

Dia menambahkan, dalam persiapan pidato bersama yang mereka usulkan tentang perekonomian, dia sadar adanya perbedaan yang sangat besar.

“Saya sedih harus meninggalkan pemerintah, tetapi dengan enggan saya sampai pada kesimpulan bahwa kita tidak bisa terus seperti ini,” tutur Sunak.

Baca juga: Ukraina Terkini: Inggris Akan Beri 1,21 Milliar Dollar AS demi Dukung Militer Ukraina

Sementara itu, Javid mengatakan bahwa dengan berat hati, dia mengumumkan untuk mundur dari Jabatan Menteri Kesehatan Inggris.

Javid menambahkan bahwa mosi percaya terhadap perdana menteri bulan lalu adalah momen untuk pegangan dan arah baru.

“Saya menyesal untuk mengatakan, bagaimanapun, bahwa jelas bagi saya bahwa situasi ini tidak akan berubah di bawah kepemimpinan Anda. Dan karena itu Anda juga kehilangan kepercayaan dari saya,” tulis Javid.

Baca juga: PM Inggris: Putin Tak Akan Invasi Ukraina jika Dia Seorang Wanita

Halaman:

Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.