Kompas.com - 04/07/2022, 19:46 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com – Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov memastikan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan memberi selamat kepada Pemerintah AS pada Hari Kemerdekaan AS kali ini.

Dia menjelaskan alasan Putin memutuskan hal itu, yakni karena kebijakan tidak bersahabat AS terhadap Rusia telah mencapai puncaknya pada tahun ini.

"Tidak, tidak akan ada telegram ucapan selamat (Hari Kemerdekaan Amerika) tahun ini," kata Peskov pada konferensi pers, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Rusia Tuding Barat Larang Ukraina Memikirkan Perdamaian, Ini yang Diucap

"Alasannya adalah bahwa tahun ini telah melihat puncak dari kebijakan tidak bersahabat Amerika Serikat terhadap negara kita. Mengingat keadaan ini, pesan ucapan selamat seperti itu hampir tidak masuk akal," kata Peskov, sebagaimana diberitakan Media Rusia Interfax.

AS merayakan Hari Kemerdekaan pada 4 Juli untuk memperingati Deklarasi Kemerdekaan yang diadopsi pada tahun 1776.

Berbeda cerita dengan Zelensky

Berbeda dengan Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dilaporkan telah mengirim pesan kepada Presiden AS Joe Biden dan rakyat Amerika pada Hari Kemerdekaan AS.

"Selamat Hari Kemerdekaan untuk rakyat Amerika Serikat dan @POTUS (Presiden AS)! Saya berharap perdamaian dan kemakmuran bagi rakyat AS yang bersahabat. Saya menghargai bantuan kepemimpinan AS dalam membela nilai-nilai bersama Ukraina, kebebasan, demokrasi dan kemerdekaan," ungkap Zelensky di Twitter pada Senin.

Baca juga: Perintah Baru Putin Setelah Rusia Kuasai Seluruh Luhansk Ukraina

Tangga 4 Juli mungkin menjadi hari paling patriotik dalam kalender AS.

Hari Kemerdekaan merayakan keputusan 13 koloni untuk lepas dari kekuasaan Inggris dan membentuk Amerika Serikat.

Namun, keputusan itu tidak terjadi pada 4 Juli.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Interfax
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.