Kompas.com - 16/06/2022, 20:01 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korea Utara) pada Kamis (16/6/2022) melaporkan kemunculan wabah tak dikenal yang menyerang saluran pencernaan di sebuah wilayah pertanian.

Keadaan itu semakin membebani Korut, negara terkucil yang sedang berjuang menangani kekurangan pangan serta gelombang infeksi Covid-19.

Pemimpin Korut Kim Jong Un pada Rabu (15/6/2022) memerintahkan pengiriman obat-obatan ke kota pelabuhan Haeju untuk membantu para pasien yang terkena "pandemi enteron akut", menurut laporan KCNA.

Baca juga: AS Akan Terus Tekan Korut soal Nuklir, Korsel Desak China Bujuk Korea Utara

Kantor berita negara Korut itu tidak menyebutkan jumlah orang yang terkena atau memerinci penyakit-penyakit yang dimaksud, sebagaimana dilansir Antara.

"(Kim) menekankan pentingnya penanganan epidemi tersebut secepat mungkin dengan mengambil langkah tegas untuk mengarantina kasus-kasus terduga agar benar-benar bisa mengendalikan penyebarannya. Juga dengan memastikan kasus-kasus tersebut melalui pengujian epidemiologi dan keilmuan," lapor KCNA.

Wabah yang dilaporkan tersebut muncul saat Korut sedang menangani gelombang infeksi Covid-19.

Negara itu pada Mei menyatakan berada dalam keadaan darurat di tengah kekhawatiran menyangkut keterbatasan vaksin dan pasokan medis.

Baca juga: Korea Utara Laporkan 79.100 Kasus dan 1 Kematian di Tengah Gelombang Covid-19

Sebelumnya, badan intelijen Korea Selatan (Korsel) mengatakan kepada parlemen bahwa penyakit-penyakit yang ditularkan melalui air, seperti tifus, sudah menyebar di Korut bahkan sebelum negara itu mengumumkan kemunculan wabah virus corona.

Korsel telah menyatakan kesediaan untuk bekerja sama dengan Korut menangani wabah tersebut.

Namun, Pyongyang tidak menggubris tawaran apa pun untuk berdialog, kata seorang pejabat pada kementerian urusan hubungan Korsel-Korut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Antara
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.