Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2022, 16:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara melaporkan sekitar 79.100 orang lagi dengan gejala demam dan satu kematian tambahan di tengah wabah virus corona yang pertama kali dikonfirmasi, kata media pemerintah KCNA, Sabtu (4/6/3/2022)

Dilansir Reuters, negara tertutup itu telah berperang melawan gelombang Covid-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak menyatakan keadaan darurat dan memberlakukan penguncian nasional bulan lalu.

Hal ini memicu kekhawatiran atas kurangnya vaksin dan pasokan medis dan makanan.

Baca juga: Covid-19 di Korea Utara, Pemerintah Klaim Terkendali, Warga Mengaku Sulit Dapat Obat Demam

Jumlah total pasien demam yang dikumpulkan di seluruh negeri sejak akhir April mendekati 4 juta, dan jumlah kematian naik satu menjadi 71, kata KCNA, menggunakan data dari markas besar pencegahan epidemi darurat negara.

KCNA mengatakan epidemi telah menunjukkan tanda-tanda mereda, setelah penghitungan harian kasus demam mencapai 390.000 dua minggu lalu.

Korea Utara tidak pernah mengonfirmasi berapa banyak orang yang dites positif Covid-19, tampaknya kekurangan pasokan pengujian.

Baca juga: WHO: Wabah Covid-19 di Korea Utara Semakin Buruk

Tetapi para ahli mengatakan jumlah yang dipublikasikan bisa jadi tidak dilaporkan, dan itu bisa menyulitkan untuk menilai skala situasi yang sebenarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com