Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kremlin Klaim Rusia Capai Target dalam 100 Hari Perang di Ukraina

Kompas.com - 04/06/2022, 16:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Kremlin pada Jumat (3/6/2022) mengeklaim, Rusia mencapai beberapa target dari kampanye militernya di Ukraina, 100 hari setelah Moskwa mengerahkan pasukan ke negara tetangganya yang pro-Barat itu.

"Target-target tertentu telah dicapai," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, ketika ditanya tentang 100 hari pertama dari apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khusus di Ukraina.

Rusia mengatakan, mereka menerjunkan pasukannya ke Ukraina untuk membela penduduk dua wilayah pro-Moskwa yang memisahkan diri yaitu Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk dari militer Kyiv.

Baca juga: Zelensky: Rusia Kuasai 20 Persen Wilayah Ukraina, Setara Gabungan 3 Negara

"Dalam hal memastikan perlindungan mereka, langkah-langkah sedang diambil dan hasil tertentu telah dicapai," kata Peskov dikutip dari AFP.

"Banyak pemukiman telah dibebaskan dari angkatan bersenjata pro-Nazi Ukraina dan langsung dari elemen nasionalis," imbuhnya.

Rusia berulang kali menggambarkan pihak berwenang di Ukraina sebagai neo-Nazi dan nasionalis, label yang menurut Kyiv digunakan sebagai propaganda untuk membenarkan konflik.

"Kesempatan sudah diberikan kepada orang-orang untuk mulai membangun kehidupan yang damai," lanjut Peskov.

"Pekerjaan ini akan berlanjut sampai semua tujuan operasi militer tercapai," pungkasnya tentang rencana perang Rusia Ukraina ke depan.

Baca juga: PBB: Tak Akan Ada Pemenang dalam Perang Rusia-Ukraina

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com