Kompas.com - 27/05/2022, 12:35 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan sebuah janji jika Barat mencabut sanksi terhadap Rusia.

Ketika melakukan panggilan dengan Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi pada Kamis (26/5/2022), Putin menyatakan komitmen siap membantu mengatasi krisis pangan apabila Barat mencabut sanksi atas Ukraina.

Dilansir dari AFP, dalam kesempatan itu, Putin berkata, Rusia siap memberikan "kontribusi signifikan" untuk mencegah krisis pangan yang mengancam.

Baca juga: Putin Tegaskan Barat Tak Akan Berhasil Putus Hubungan dengan Rusia

Rusia seperti diketahui telah dihantam dengan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah Putin memerintahkan pasukan melakukan operasi militer khusus ke negara tetangga Ukraina pada 24 Februari.

Sanksi dan tindakan militer pun telah mengganggu pasokan pupuk, gandum, dan komoditas lainnya baik dari Rusia maupun Ukraina.

Kedua negara tercatat memproduksi 30 persen dari pasokan gandum dunia.

"Putin menekankan bahwa Federasi Rusia siap memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengatasi krisis pangan melalui ekspor biji-bijian dan pupuk, dengan tunduk pada pencabutan pembatasan bermotif politik oleh Barat," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan setelah panggilan tersebut.

Kremlin menambahkan bahwa Putin juga berbicara tentang langkah-langkah yang diambil untuk memastikan keselamatan navigasi, termasuk pembukaan harian koridor kemanusiaan untuk keluarnya kapal sipil dari pelabuhan Azov dan Laut Hitam, yang dihalangi oleh pihak Ukraina.

Baca juga: Benarkah Rusia Kerahkan Senjata Laser di Ukraina?

Putin juga menggambarkan tuduhan "tidak berdasar" bahwa Rusia harus disalahkan atas masalah pasokan makanan di pasar global.

Sementara, Amerika Serikat (AS) mencemooh tawaran Putin.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.