Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semikonduktor, “Senjata Rahasia" yang Mungkin Bisa Buat Taiwan Tak Jadi Ukraina Berikutnya

Kompas.com - 03/04/2022, 21:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

TAIPEI, KOMPAS.com – Sejak invasi Rusia ke Ukraina, keamanan Taiwan menjadi pembicaraan para pembuat kebijakan dan analis di seluruh dunia.

Pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu diprediksi suatu hari nanti dapat mengikuti jejak Ukraina, dengan China berupaya mengambil alih wilayahnya.

Baca juga: Taiwan Pelajari Taktik Perang Ukraina Lawan Rusia, Diskusikan dengan AS

Baik Taiwan maupun Ukraina adalah negara demokrasi muda, yang identitas nasional dan kemerdekaan politiknya menghadapi ancaman agresi dari negara adikuasa tetangga.

Meski demikian, Taiwan dinilai memiliki senjata rahasia yang tidak banyak dibahas, dan merupakan kekuatan yang tidak dimiliki Ukraina, yakni dominasi dalam industri semikonduktor.

Beberapa analis menilai kekuatan itu dapat terbukti penting dalam mencegah invasi oleh Beijing menurut laporan Al Jazeera.

Invasi ke Taiwan dapat memicu kejatuhan ekonomi global yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pasalnya pulau itu memiliki posisi strategis dalam rantai pasok teknologi dunia.

“Perisai silikon” Taipei membuat taruhannya sangat tinggi bagi China.

Baca juga: AS: Tekanan China terhadap Taiwan adalah Ancaman bagi Negara Demokrasi

Presiden China Xi Jinping berjanji untuk merebut kembali pulau yang diperintah sendiri jika perlu dengan paksa. Namun Beijing sendiri sangat bergantung pada teknologi Taiwan, untuk menopang industri-industri utama yang diandalkannya agar dapat menggandakan produk domestik bruto (PDB) China pada 2035.

“Strategi pencegahan terpadu Taiwan membuat mengharuskan Beijing memilih tujuan nasional yang jelas,” Jared McKinney, seorang sarjana di Air University, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Entah menaklukkan Taiwan atau mempertahankan kemakmuran ekonomi,” kata McKinney.

Industri strategis Taiwan

Pembuatan semikonduktor global terkonsentrasi di Taiwan berkat tiga dekade globalisasi yang memprioritaskan biaya rendah dan skala ekonomi.

Taiwan kini menyumbang 92 persen dari produksi global untuk node proses semikonduktor di bawah 10 nanometer (1 nanometer adalah satu-miliar meter).

Industri itu menjadikannya pemasok utama sebagian besar chip yang menggerakkan mesin paling canggih di dunia, dari Apple iPhone hingga jet tempur F-35.

Gangguan satu tahun pada pasokan chip Taiwan saja akan merugikan perusahaan teknologi global sekitar 600 miliar dollar AS, menurut sebuah studi oleh Boston Consulting Group dilansir dari Al Jazeera.

Baca juga: Taiwan Pertimbangkan untuk Perpanjang Wajib Militer Lebih dari 4 Bulan

Jika basis manufakturnya hancur dalam perang, membangun kembali kapasitas produksi di tempat lain akan memakan waktu setidaknya tiga tahun dan 350 miliar dollar AS, menurut temuan studi tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com