Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Chef Budiono, Peserta MasterChef Inggris yang Jadi Juri MasterChef Indonesia

Kompas.com - 03/04/2022, 19:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber BBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Chef Budi atau Budiono bin Sukim menjadi salah satu juri di episode terbaru MasterChef Indonesia, Minggu (3/4/2022).

Chef Budiono sempat tampil di MasterChef Inggris pada 2021. Ia terpilih dari 1.000 lebih juru masak di "Negeri Ratu Elizabeth" yang ingin unjuk keterampilan dalam acara masak terkemuka TV BBC.

Ketika ditanya chef bintang satu Michelin, Marcus Warering, salah satu juri dalam kontes masak yang ditayangkan Kamis malam (11/11/2021) di London, Chef Budiono menjawab alasan ingin tampil adalah mempromosikan masakan Indonesia.

Baca juga: Finalis MasterChef Ini Terancam Hukuman Mati karena Bunuh ART di Malaysia

Profil Chef Budiono MasterChef

Chef Budi lahir di Pemalang, Jawa Tengah. Dikutip dari BBC Indonesia dia bercerita, saat kecil dulu sering membantu kakeknya jualan gulai kambing. Momen itulah yang membuatnya tertarik menggeluti karier sebagai juru masak.

"Saat (sekolah menengah) SMEA, pagi hari saya jualan otak-otak pakai sepeda buat biaya sekolah di Jakarta, dan malamnya mengajar les tiga anak SD," tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ByChef Budi (@budiono_sukim)

Perjalanannya sebagai chef internasional mulai berkembang ketika ia dipindahkan dari Four Seasons hotel Jakarta ke Four Seasons di London pada 2004.

Ia sempat pindah setahun ke Dubai pada 2015 dan kembali lagi ke London lalu bekerja di Marriott dan Savoy Hotel.

Info terakhir dari BBC Indonesia tahun lalu, Chef Budiono sedang bekerja sebagai chef di Fortnum and Mason, pertokoan yang dilengkapi restoran dan termasuk salah satu pemasok makanan untuk keluarga kerajaan Inggris.

Selama sekitar 15 tahun Chef Budi bekerja di sejumlah hotel bintang di London, ibu kota Inggris.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ByChef Budi (@budiono_sukim)

Tahapan Chef Budiono masuk MasterChef Inggris

Budiono dan kontestan lain yang memperebutkan tempat di perempat final.BBC INDONESIA Budiono dan kontestan lain yang memperebutkan tempat di perempat final.
Sebanyak 32 juru masak--yang disaring dari lebih 1.000 yang melamar--harus unjuk kebolehan dan melewati lima tahap sebelum dapat tampil di acara ini.

"Saya memang hanya punya satu tujuan, mempromosikan masakan Indonesia, karena itu yang saya rasakan penting banget di sini. Kita tiga langkah di belakang Thailand, Jepang dan Vietnam," cerita Budiono kepada wartawan BBC News Indonesia, Endang Nurdin.

"Sebagai professional chef cuman bisa terus memperkenalkan masakan Indonesia kesayangan kita pada setiap kesempatan yang ada," imbuh Budiono.

Walau tak maju ke perempat final, Budiono mengatakan pengalaman ini sangat berarti.BBC INDONESIA Walau tak maju ke perempat final, Budiono mengatakan pengalaman ini sangat berarti.
Presenter dan salah satu juri MasterChef: The Professionals, Gregg Wallace, sempat menyatakan Budiono --yang tampil pertama dalam uji ketrampilan--tampak sangat percaya diri, namun ia menjawab "lima persen yakin, 95 persen gugup."

"Sangat gugup tentu karena tampil di salah satu acara masak paling bergengsi," tambah Budiono kepada BBC News Indonesia.

"Dari Januari, mereka mulai mewawancara lebih dari 1.000 calon, dan saya melalui lima tahapan wawancara dan baru pada bulan Mei, saya diberitahu, termasuk yang dipilih," cerita Budiono.

Baca juga: Saat Juara MasterChef Ukraina Sajikan Makanan Gratis untuk Pengungsi Lviv...

Chef Budiono tidak berhasil melaju ke babak perempat-final, tetapi pengalaman sejauh ini sudah merupakan kemenangan baginya.

Dalam tes keahlian Marcus Warering dengan mengolah scallop dengan bunga kol. Chef Budi dianggap terlalu terburu-buru dengan waktu 20 menit yang disediakan.

"Berbicara dengan chef Marcus sudah menang bagi saya karena bersaing dengan lebih 1.000 calon," kata Budiono.

Chef Budi melanjutkan, jalannya masih panjang dan ia bermimpi ingin membuka restoran Indonesia di Inggris suatu saat nanti.

Baca juga: Cerita Chef Budiono Tampil di MasterChef Inggris, Singkirkan 1.000 Calon Saat Wawancara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com