Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ever Forward, Kapal Kargo Lainnya dari Evergreen Kandas, Kali Ini di Teluk Chesapeake

Kompas.com - 15/03/2022, 20:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

 

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Hampir setahun setelah kapal kargo Ever Given menyumbat Terusan Suez, kapal kargo Ever Forward dari Evergreen Marine Corp lainnya kembali kandas, kali ini di Teluk Chesapeake Amerika Serikat (AS).

Bloomberg melaporkan bahwa kapal yang diberi nama Ever Forward itu terjebak setelah bergerak dari pelabuhan Baltimore pada Minggu (13/2/2022) malam. Kapal itu sedang menuju Norfolk, Virginia, pada saat itu.

Baca juga: Berlabuh di China, Kapal Ever Given Tunjukkan Kerusakan Akibat Tersangkut di Terusan Suez

Penjaga Pantai AS mengatakan tidak mengetahui apa yang menyebabkan kapal itu kandas, tetapi mencatat bahwa tidak ada cedera atau kerusakan pada kapal yang dilaporkan, menurut CBS Baltimore seperti dilansir Business Insider.

Kapal sekarang berada di sekitar 25 kaki (7,62 meter) dari pelabuhan tetapi tidak menghalangi jalur.

Ever Forward setinggi 1.096 kaki adalah kapal berbendera Hong Kong. Seperti Ever Given sepanjang 1.312 kaki, itu juga milik Evergreen Marine Corp.

Status navigasi kapal di situs pelacakan kapal Vessel Finder ditandai sebagai "kandas," dengan lokasinya masih terdaftar di sekitar beberapa mil dari pelabuhan Baltimore.

Menurut laporan dari Baltimore Sun, penjaga pantai saat ini tidak memiliki garis waktu kapan kapal akan diapungkan kembali.

"Semua yang seperti ini adalah jenis punya tantangannya sendiri," kata Steven Lehmann, petugas penjaga pantai, kepada outlet tersebut.

Baca juga: Video Kapal Ever Given Kembali Berlayar Lewati Terusan Suez dengan Pengawalan Penuh

Kapal-kapal di daerah tersebut telah diminta untuk mengurangi kecepatan mereka di sekitar Ever Forward yang terdampar, menurut Baltimore Sun.

Penjaga Pantai AS tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Insider.

Kandasnya Kapal Kargo raksasa Ever Forward terjadi hampir setahun setelah Ever Given terjebak di Terusan Suez pada 23 Maret. Insiden itu membuat rantai pasokan global menjadi kacau, dengan Ever Given menyebabkan kemacetan lebih dari 400 kapal.

Penyumbatan juga menyebabkan beberapa kapal meninggalkan rute Terusan Suez sepenuhnya, dan mengambil jalan memutar yang besar di sekitar ujung selatan Afrika.

Butuh hampir satu minggu pengerukan dan penggalian besar-besaran untuk melepaskan Ever Given.

Insiden itu mendorong pihak berwenang Mesir untuk menyita Ever Given pada 13 April 2021, dan menahannya selama berbulan-bulan.

Baca juga: Blokir Terusan Suez dan Rugikan Dunia, Kapal Ever Given Akhirnya Bebas

The Ever Given akhirnya tiba di Rotterdam pada 29 Juli dengan lebih dari 20.000 kontainer di dalamnya — 106 hari setelah pertama kali kandas di jalur air.

The Ever Given telah berhasil melewati Terusan Suez pada kesempatan berikutnya tanpa macet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com