Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kapal Ever Given Kembali Berlayar Lewati Terusan Suez dengan Pengawalan Penuh

Kompas.com - 21/08/2021, 11:13 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

SUEZ, KOMPAS.com - Kapal Ever Given yang memblokir Terusan Suez pada Maret - mengganggu perdagangan global, melewati jalur air sempit itu lagi namun tanpa insiden.

Kapal kontainer besar itu termasuk di antara konvoi kapal yang berlayar dari Laut Mediterania ke Laut Merah, kata Otoritas Terusan Suez (SCA) melansir BBC pada Sabtu (21/8/2021) .

Baca juga: Blokir Terusan Suez dan Rugikan Dunia, Kapal Ever Given Akhirnya Bebas

Ever Given telah membongkar muatannya di Eropa dan sekarang dalam perjalanan ke Asia.

Kapal itu diapungkan kembali setelah operasi penyelamatan besarnya selama enam hari yang menyebabkan satu orang meninggal dunia.

 

Kapal milik perusahaan Jepang itu kemudian disita selama tiga bulan di dekat kota kanal Ismailia. Sementara itu kesepakatan kompensasi disepakati antara Mesir dan pemilik Ever Given.

SCA, dalam serangkaian tweet, mengatakan Ever Given dikawal melalui kanal sepanjang 193 km (120 mil) oleh dua kapal tunda dan pemandu senior SCA.

Baca juga: Kompensasi atas Insiden Kapal Ever Given Turun hingga Setengah Tuntutan Awal

Menurut operator, Ever Given adalah salah satu dari 26 kapal yang melakukan perjalanan dari utara ke selatan melalui kanal pada Jumat (20/8/2021). Sementara 36 kapal berlayar ke arah yang berlawanan.

SCA dalam pernyataannya menekankan jalur air itu sebagai "rute navigasi terpendek dan tercepat yang menghubungkan timur dengan barat".

The Ever Given, salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, telah mengirimkan 18.300 kontainernya ke Rotterdam, Felixstowe dan Hamburg dan sekarang melakukan perjalanan ke China.

Kapal sepanjang 400 m (1.312 kaki) itu terjepit di seberang kanal setelah kandas di tengah angin kencang pada 23 Maret. Insiden ini menghalang ratusan kapal dan mengganggu perdagangan global selama hampir satu minggu.

Setelah pembebasannya, SCA meminta kompensasi untuk pemilik Jepang Ever Given Shoei Kisen untuk biaya operasi penyelamatan, kerusakan tepi kanal dan kerugian lainnya.

Persyaratan kesepakatan tidak diungkapkan tetapi Mesir akhirnya menyelesaikan permintaan 550 juta dollar AS (Rp 7,2 trililun).

Baca juga: KABAR DUNIA SEPEKAN: Perkembangan Kasus Ever Given-Terusan Suez | Tabrakan LRT Malaysia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com