Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manuskrip Albert Einstein Berisi Kalkulasi Teori Relativitas Ini Terjual Rp 185,5 Miliar

Kompas.com - 24/11/2021, 08:52 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah manuskrip Albert Einstein yang berisi kalkulasi untuk menemukan rumusan teori relativitas telah terjual dalam lelang seharga 13 juta dollar AS (Rp 185,5 miliar).

Melansir BBC pada Rabu (24/11/2021), manuskrip Albert Einstein tentang rumus teori relativitas di rumah lelang Christie di Paris memecahkan rekor penjualan untuk dokumen ilmiah yang ditandatangani.

Rumus teori relativitas adalah salah satu dari hanya dua manuskrip yang menunjukkan cara kerja fisikawan teoretis ini dalam terobosan ilmiahnya yang hebat.

Baca juga: 9 November 1921: Albert Einstein Terima Nobel Fisika

Teori relativitas Albert Einstein, yang diterbitkan pada 1915, mengubah pemahaman umat manusia tentang ruang, waktu, dan gravitasi.

Kalkulasi rumusan teori relativitas ditulis antara tahun 1913 dan 1914 oleh Albert Einstein dan rekannya dari Swiss Michele Besso, yang menyimpan dokumen tersebut.

Rumah lelang Christie memuji Besso atas pemikirannya yang maju dalam menyelamatkan manuskrip kalkulasi rumusan teori relativitas tersebut.

"Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya menjadi luar biasa," kata Vincent Belloy, seorang ahli di rumah lelang.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Albert Einstein Meninggal Dunia dalam Tidurnya

Manuskrip tersebut berisi perhitungan dengan pena hitam, dan menurut Belloy, menunjukkan sejumlah kesalahan dalam perjalanan merumuskan teori relativitas.

Christie's mengatakan penjualan manuskrip kalkulasi rumusan teori relativitas itu "menarik kolektor dari seluruh dunia yang mengakui pentingnya dokumen itu".

Namun pembeli kertas setebal 54 halaman itu belum terungkap.

Teori relativitas Albert Einstein menjelaskan kelahiran alam semesta, orbit planet, dan lubang hitam.

Pada Mei lalu, sebuah surat yang ditulis oleh Albert Einstein berisi persamaan teori yang paling terkenal, E=mc², terjual lebih dari 1,2 juta dollar AS (Rp 17,1 miliar).

Baca juga: [KUTIPAN TOKOH DUNIA] Albert Einstein, Ilmuwan Fisika Penemu Teori Relativitas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com