Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Berniat Maju Lagi di Pilpres AS 2024

Kompas.com - 24/11/2021, 06:29 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Usia tua tak menghentikan langkah Presiden Joe Biden untuk maju lagi di Pilpres AS 2024.

Pernyataan itu disampaikan Gedung Putih di tengah kunjungan Biden dan istrinya, Jill, di Fort Bragg, North Carolina.

Baca juga: Ulang Tahun 20 November, Ini Kisah Sepak Terjang Joe Biden

Berbicara kepada awak media di Air Force One Senin (22/11/2021), Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki membenarkan keinginan sang presiden untuk maju lagi.

Ketika terpilih saat Pilpres AS 2020, Biden sudah menorehkan rekor sebagai presiden tertua dalam sejarah dengan umur 78 tahun.

Jika dia berniat mencalonkan lagi di 2024, Joe Biden akan genap berumur 82 tahun, dan selesai menjabat di usia 87 tahun.

Terdapat spekulasi di 2020 bahwa wakilnya, Kamala Harris, yang dipersiapkan sehingga Biden hanya menjabat selama satu periode.

Spekulasi itu makin santer karena mantan senator Delaware tersebut memeroleh tingkat dukungan yang terus menurun menurut berbagai jajak pendapat.

Dilansir RT, dalam konferensi pers perdananya, presiden dari Partai Demokrat itu berkelakar dia tidak tahu apakah ada lawan dari rivalnya, Republik.

Jika ada, dia adalah mantan presiden Donald Trump yang masih berkeinginan untuk maju lagi, membuat potensi rematch keduanya terbuka lebar.

Hasil resmi pilpres menunjukkan pasangan Biden-Harris menang dengan mendapatkan 81 juta popular votes, dan 306 electoral votes.

Baca juga: Biden Klarifikasi Ucapannya tentang Taiwan yang Independen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com