Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Galang Bantuan Rp 45,6 Triliun untuk Warga Gaza dan Tepi Barat

Kompas.com - 17/04/2024, 08:01 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (17/4/2024) akan meluncurkan permohonan sumbangan senilai 2,8 miliar dollar AS untuk membantu penduduk Jalur Gaza dan Tepi Barat Palestina yang dilanda perang.

"Dengan seluruh komunitas kemanusiaan, kami akan mengajukan permohonan dana sebesar 2,8 miliar dolar AS untuk mendukung tiga juta orang yang teridentifikasi di Tepi Barat dan Gaza," kata Kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB di wilayah Palestina, Andrea De Domenico.

Ia menyampaikan, seruan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dana kemanusiaan hingga akhir 2024.

Baca juga: Saat Toko Roti di Gaza Dibuka Kembali... 

"Tentu saja 90 persen dari dana tersebut diperuntukkan bagi Gaza," tambah De Domenico, dalam sebuah konferensi pers melalui video, pada Selasa (16/4/2024).

Dia mencatat bahwa permohonan awal bantuan adalah sebesar 4 miliar dollar AS.

"Tetapi mengingat kemampuan terbatas untuk memberikan (bantuan) dan ruang yang harus kami lakukan, maka kami benar-benar fokus pada prioritas tertinggi," jelas dia, sebagaimana dikutip dari AFP.

Beberapa hari setelah serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada 7 Oktober dan dimulainya serangan Israel di Gaza sebagai pembalasan, PBB meluncurkan permohonan darurat awal sebesar 294 juta dollar AS.

Permohonan tersebut dimodifikasi pada awal November dan dinaikkan menjadi 1,2 miliar dollar AS untuk memenuhi kebutuhan paling mendesak bagi 2,2 juta orang di Gaza dan 500.000 orang di Tepi Barat pada  2023.

PBB telah memperingatkan bahwa ribuan warga Gaza menghadapi kelaparan, terutama di bagian utara wilayah tersebut di mana distribusi makanan dan bantuan terbatas.

Baca juga: Bom-bom Israel Seberat 453 Kg Ditemukan di Sekolah-sekolah Gaza

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com