Hari Ini dalam Sejarah: Albert Einstein Meninggal Dunia dalam Tidurnya

Kompas.com - 18/04/2021, 16:27 WIB
Albert Einstein. SHUTTERSTOCKAlbert Einstein.

KOMPAS.com - Hari ini (18/4), 65 tahun lalu, seorang ilmuwan besar meninggal dunia, pada usia 76 tahun.

Sebuah foto yang diambil di Princeton, New Jersey pada 1955 menjadi terkenal saat itu. Gambarnya memperlihatkan kantor Albert Einstein pada hari dia meninggal.

Orang mungkin akan membayangkan, pemikir dengan kecerdasan superior seperti itu akan memiliki sistem produktivitas terbaik, untuk menjaga otak briliannya sebebas mungkin melahirkan berbagai ide inovatif.

Tapi sebaliknya, meja kerja Einstein ditinggalkan dalam kondisi sangat berantakan.

Belakangan, penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science mengungkap hubungan antara kreativitas dan keteraturan. Ditemukan ternyata kondisi yang “berantakan” bagi kebanyakan orang dapat mendorong individu itu menghasilkan ide baru yang inspiratif dibandingkan mereka yang lebih “rapi.”

Albert Einstein adalah salah satu fisikawan matematika paling cemerlang dan berpengaruh dalam sejarah manusia. Puluhan tahun setelah kematiannya, dia masih dikenal luas sebagai representasid dari kejeniusan manusia.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: 6 April, Olimpiade Modern Pertama Digelar di Yunani

Berjuang dibangku sekolah

Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879, di kota Ulm, Jerman. Sejak usia dini, Einstein terpesona oleh matematika, sains, dan musik.

Meski pada akhirnya dia akan mengungkapkan cara kerja alam semesta, Einstein awalnya berjuangan sebagai seorang murid, gagal ujian, dan sempat terlibat konflik dengan pemerintahan.

Pada 1903, ia menikah dengan mantan teman sekelasnya, Mileva Mari?, meskipun orang tuanya tidak setuju.

Mari? diketahui juga merupakan seorang fisikawan. Dia disebut juga memberikan kontribusi yang signifikan pada karya suaminya yang inovatif.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X